IAK Gelar Workshop Periode ke–IV

UMAHA News – Mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Informatika UMAHA–YPM menyelenggarakan workshop pemrograman aplikasi android. Acara tersebut masuk dalam peroiode empat, yang merupakan sudah menjadi aturan dari panitia google developer. Memberi fasilitas kepada para peserta untuk mengarahkan mereka menjadi pengembang aplikasi android yang profesional. Selain itu, kepada seleuruh peserta nantinya manfaatnya berkeinginan menularkan ilmu pemrograman tersebut ke kalangan sekitarnya.

Dalam acara tersebut pada sesi pertama para peserta lebih dulu diperkenalkan dengan dasar-dasar pemrograman andoit seperti desain layout, pengenalan view, serta view grup. Selanjutnya, mereka didampingi untuk melakukan praktek tentang penggunaan view, view grup, serta diarahkan bagaimana memilih view yang tepat aplikasi yang sedang di buat.

Sedangkan untuk pembahasan yang lebih mendalam seperti pengenalan program java android akan dilanjutkan di hari kedua, pada hari Minggu 4 februari 2018. Pada hari kedua ini para peserta diharapkan sudah bisa membuat tampilan layout untuk aplikasi android. “Peserta diharapkan sering mempraktikkan teori yang didapat di hari pertama, sebab di hari kedua peserta sudah masuk pada tahap final projek, seperti pembuatan aplikasi penghitungan skor,” kata Hendrik

Menurut salah satu Fasil IAK Wilayah Surabaya Hendrik Setiawan mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Informatika UMAHA–YPM smester lima  berharap kepada peserta acra ini dimanfaatkan betul agar mereka bisa membuat aplikasi adroid secara mandiri dan berkualitas. Acara tersebut diikuti oleh 25 peserta dari berbagai daerah dan sebagian besar peserta adalah mahasiswa di universitas yang ada di Jawa Timur. Workshop ini nantinya akan diupayakan terus dilakukan setiap periodenya. “Dari hasil yang mereka pelajara di workshop ini, diharapkan mereka mampu membuat aplikasi android berdaya saing tinggi,” kata Hendrik.

Hendrik menambahkan, sebagai fasil selain medapat pengalam dan teman baru ia juga memotivasi para peserta untuk menjadi bagian dari IAK sebagi fasil diwilayahnya masing-masing. Bagi peserta yang dinyatakan lulus akan mendapat sertifikat dan hadiah ekslusif dari google developer. (Humas UMAHA)

Scroll to Top