UMAHA Memperkuat Kontribusi Lokal Untuk Tujuan Global

News UMAHA – Coloni SDG’s Menyelenggarakan Loka Latih di tingkat Provinsi yang diadakan di Universitas Maarif Hasyim Latif ( UMAHA ) Sidoarjo, Jum’at ( 11/04/2018 ), yang berlangsung di Auditorium, Gedung 1 (Satu), Selama tiga hari.

Disepakatinya Sustainable Development Goals ( SDG’s ) oleh Perserikatan Bangsa Bangsa sebagai tahap selanjutnya dari Millenium Development Goals ( MDG’s ) dengan mencapai delapan butir manfaat pada tahun 2015 yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan pada tahun 2015. Sustainable Development Goals memiliki tuju belas tujuan global untuk dicapai dari tahun 2016 – 2030. Untuk mencapai tujuan berkelanjutan secara Global Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Perpres Nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Loka Latih ini dihadiri 30 perserta dari berbagai Lembaga Individu di Jawa Timur termasuk Bapedda Probolinggo yang ikut memberikan pemaparan tentang bagaimana menerjemahkan rencana aksi nasional ke rencana aksi daerah dalam tujuan pembangunan berkelanjutan, dan UMAHA termasuk member coloni yang sudah ikut pelatihan mulai tahun 2017. Tujuan diselenggarakannya Loka Latih ini adalah untuk menerapkan tujuan pembagunan berkelanjutan melalui kontribusi yang diberikan oleh Lembaga Individu. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan pengenalan tujuan berkelanjutan, memetakan kontribusi yang telah diberikan dan akan dilakukan, praktek penyamaan inisiatif dengan indicator tujuan pembangunan berkelanjutan dan membuat tulisan tentang cerita perubahan yang akan menjadi wujud gerakan inisiatif local. “ Setelah megikuti kegiatan ini lembaga maupun individu diharapkan dapat berkerjasama dalam memberikan kontribusi untuk tujuan Global dan berbagai peran antara pemerintah daerah, pengusaha dan masyarakat sipil secara transparan ”

Ucap Uliontang, ST.Kom selaku Ketua pelaksana kegiatan.

Scroll to Top