Pelatihan OJS Dosen UMAHA

karya ilmiah ataupun jurnal  adalah ruh dari eksistensi dan kualitas sebuah perguruan tinggi. Indikasi dari kemajuan sebuah perguruan tinggi adalah salah satunya bisa diukur melalui kemampuan dan perkembangan dalam pengelolaan dan manajemen jurnal ilmiah.  Tentu saja, kualitas pengelolaan jurnal juga harus diimbangi dengan penelitian aktif oleh para dosen yang hasilnya dipublikasikan melalui junal bereputasi, baik nasional maupun internasional.

Aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah pada saat ini diarahkan dalam bentuk daring (online) agar desiminasi dan sebaran akses semakin luas dibandingkan dengan jurnal cetak. Salah satu sistem pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Journal Sistem (OJS). Melalui OJS pengelolaan jurnal lebih tertata dan terdokumentasi secara baik dan rapi.

mengetahui sekarang ini perkembangan teknologi semakin meningkat dan perkembangan setiap individu pun harus terus ditingkatkan guna mampu mengimbangi skala standar yang dikeluarkan oleh dikti terkait jurnal bersekala online .

Terkait dengan perkembangan tersebut, UMAHA mengundang pengelola jurnal dari seluruh dosen dari beberapa fakultas di UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LAIF SIDOARJO untuk mengikuti Workshop Teknik Penyuntingan, Evaluasi Diri, dan Sistem OJS 3 . Tujuan dari workshop ini adalah untuk mensosialisasikan sekaligus memberikan pelatihan kepada masing-masing pengelola jurnal mengenai proses pengelolaan berkala ilmiah.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini bertempat di Trainning Center wonorejo wonosalam jombang 13 – 14 september 2018 serta diikuti 50 dosen UMAHA serta diisi oleh Dua orang narasumber, yaitu Ilham Bakhtiar.S.pd.M.Pd dari UMN  dan Muh Barid Nizar  yang menyampaikan materi terkait dengan teknik penyuntingan substansi artikel berkala ilmiah. Kemudian terkait dengan kepentingan akreditasi jurnal,dan bagaimana cara pengaplikasi OJS sampai terpublis.

 

Scroll to Top