CYBER CAMPUS UMAHA

AWAL MULA CYBER CAMPUS UMAHA

Cyber Campus adalah upaya untuk menjadikan kampus  tersebut berbasis Teknologi informatika ( IT ) .usaha tersebut diterapkan di semua lini. Mulai dari system pembelajaran, kurikulum, fasilitas,  sarana dan prasarana pendidikan lainnya. Itu semua dikembangkan dengan basis teknologi, menggunakan jaringan Internet

Pada dasarnya, 10 th yg lalu gagasan cyber campus  sudah ada,hal ini baru terwujud seteleh mengcloning Cyber campus Universitas Airlangga ( UNAIR ) atau disebut juga Kampus Maya (Cloud system), cloud sendiri artinya awan, dari kata itu, maka terinspirasilah kata awan, lebih tinggi menjadi langit jadilah nama LANGITAN UMAHA, siap beroperasi  Oktober 2014 hingga sekarang. Awalnya, bergerak sekitar tukar menukar informasi dan pengumpulan data. Langitan Umaha merupaka sentral dari Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama.                          ( LPTNU ) mewaili 24 perguruan tinggi Ahlusnnah Waljamaah se Indonesia. Dengan berlangsungnya waktu. Dunia  I T  terus melaju dengan cepat yg tidak bisa terbendung, mampu menembus semua jarak, ruang dan waktu tanpa batas.

Layanan pendidikan  dituntut untuk terus berinovasi seiring dengan kecanggihan perkembangan teknologi komonikasi terkini, hanya berbekal gadget, generasi melenials bisa belajar dimana saja, tanpa memerlukan tatap muka, itu disebut  DARING, bagian dari pembelajaran E- Learning.

PROGRAM PEMBELAJARAN DARING DI UMAHA

Dengan model pembelajaran Digital Clasess (DARING), siswa yg di Kost, atau cukup dirumah misalnya, tetap bisa mengikuti pelajaran dari dosennya. Hebatnya, 1 dosen bisa mengajar seribu Mahasiswa di Nusantara, lebih-lebih dibelahan Bumi yang lain. Pembelajaran Daring juga bisa mengabsen mahasiswa secara On-Line.

Sejak tahun 2007 model Daring sudah dimulai, baru difasiltasi 12 November 2018 dengan diikuti 47 Dosen Umaha, 68 Mata kuliah, kedepannya wajib bagi semua Dosen di UMAHA. Kita tidak perlu tatap muka dengan Dosen ,” Dalam pembelajaran Daring, tatap muka dengan Dosen tetap ada, sebagai pendidikan Character”. Kata Ketua YPM Ahmad Makkik

Enaknya Daring, mata pelajaran yg tidak difahami bisa diputar ulang, dan bisa menggunakan perpustakaan Virtual ( Virtual Library), Cuma  mendown load sebuah buku, kita miliki buku tersebut secara virtual disimpan dalam laptop/ smart phone. Tidak usah mahal-mahal membeli, atau repot repot membawah buku. Kedepannya lembaga pendidikan sudah tidak perlu menyimpan Berkas- berkas  atau Dokumen kertas yang menggunung.  Semua sdh tersimpan secara On-line yang disebut Paper less. Di Umaha Semua ruangan sudah termonitor dengan CCTV,dan Kampus Free Wifi

Dengan Metode Talk Fusion, UMAHA menawarkan produk komonikasi video termutakir, bisa untuk konferensi dan pembelajaran dengan 500 hubungan dalam waktu yang sama secara Internasional. Bagi Dosen, ini bermanfaat untuk bimbingan penulisan Artikle, skripsi,Journal dan perkuliahan dari jarak jauh.

Persis Tanggal 1 Mei 2019.UMAHA mengukir lembaran baru dengan didirikannya PEMBELAJARAN JARAK JAUH ( PJJ ). Bisa jadi nanti nya , UMAHA menerima Mahasiswa antar Pulau atau luar negeri. Hal ini sdh dilakukan MoU dan MoA, LoI dengan Negara-Negara ASEAN, TAIWAN dan INDIA

Arus globalisasi sudah tidak bisa terbendung lagi didunia ini, efek dari Internet of things, termasuk di Indonesia. Di Era Digital  semua serbah canggih ( Extra Sophisticated ), semua instrument menggunakan kecerdasan buatan ( Artificial Intellegence ). Akan terjadi perubahan besar dimuka Bumi ini yang disebut       ERA REVOLOSI INDUSTRI 4.0. Kebijakan Pendidikan Tinggi pun harus menyesuaikan dengan kondisi Revolusi Industri 4.0 sebagai agent of Change.  UMAHA dituntut untuk mengantisipasi dan merespond perkembangan jaman. Perguruan  Tinggi di Negra-negara  Maju, yang masih menggunakan system lama, yang tidak mengacu perkembangan R 4.0 bubar, ditinggalkan masyarakat , tidak dapat murid (Collapse )

Langka spectacular UMAHA

Sejak keberadaan Sekolah Tinggi  Yayasan Pendidikan Maarif ( YPM ). Yang meliputi Jurusan : Fakultas Ilmu Kesehatan, Ekonomi, Hukum, Teknik. Persisnya Oktober 2014 sekolah Tinggi – Sekolah Tinggi tersebut menyatukan diri menjadi Universitas Maarif Hasyim Latif yang disingkat UMAHA, dengan kerja keras semua Civitas Akademika hanya dalam tempo 4 Tahun sudah meraih Predikat akreditasi Baik Sekali ( B )yang menjadikan Posisi UMAHA sebagai perguruan tinggi terbaik dengan Peringkat 400 Nasional, 50 Jawa-Timur dan 2 dikabupaten Sidoarjo.

Ada lampu hijau bagi Perguruan Tinggi yang ter AKriditasi B dari Badan Akreditasi Nasional –Perguruan Timggi (BAN-PT ) dengan mengerjakan 9 Kreteria secara baik dan benar, maka perguruan Tinggi tersebut segera bisa menyandang Akreditasi A. ( Unggul )

Untuk itu , UMAHA menangkap dan merespond peluang BAN-PT tersebut, pada tanggal 13 Mei 2019 segenap Jajaran Civitas Akademika mengadakan pertemuan/rapat untuk menyiapkan percepatan program AKREDITAS lanjutan, mohon do’a restu tidak berapa lama lagi Insya Allah, Umaha akan menyandang Predikat A.( unggul).  Amiiin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

I

Scroll to Top