PENTINGNYA BEROLAH RAGA di ERA R 4.0 SPORT & HEALTH

PENTINGNYA BEROLAH RAGA di ERA R 4.0 SPORT & HEALTH

Kali ini Visiting Profesor Hallam Pereira dari EDITH COUNT COWAN UNIVERSITY ( ECU) , Universitas tertua dan Modern di WEST AUSTRALIA. Kemudian dilanjutkan MoU UMAHA dengan universitas tersebut, sekarang sudah terjalin Twin Sister antara UMAHA dengan ECU West Australia ranking 150 Dunia

yang menggembirakan setiap peserta yang mengikuti acara tersebut mendapat Piagam berkelas Internasional dari UMAHA.

Berikut pemaparan Prof Hallam Pereira dari ECU di UMAHA pada 23 Oktober 2019.

Mengapa Australia lebih berhasil menjaga Kesehatan Penduduknya, ini dikarenakan dana Kesehatan lebih diarahkan ke Kemetrian olah raga, sehingga banyak tempat-2 olah raga didirikan di taman-2 kota, Sekolah-2, sarana jalanan, dimana-mana, \”, di Australia tiada hari tanpa olah raga\”, Kata Prof Hallam,
belum lagi komonitas olah raga dimanfaatkan oleh ajang promosi produk, misalnya tulisan HONDA dan produk-2 lainnya semakin semarak.

Walhasil, masyarakat semakin senang berolah raga, mereka semakin sehat, anak-anak muda semakin Cerdas, produktivitas kerja rakyatnya semakin baik. Mereka ( Masyarakat Australia ) jauh dari obesitas serangan penyakit: Kolesterol, diabet, asam urat dan penyakit degeneratif lainnya. Yang sifatnya pencegahan bukan mengobatan. Setiap 30 menit mereka ber olah raga atau minim gerak.
Dengan olah raga bisa mengangkat penyakit Kangker, dosen bisa melakukan Penelitian tentang itu semua.

Hal ini beda dengan keadaan di Republik ini ( Indinesia ) justru lebih diperhatikan dari aspek pengobatan dana Kesehatan minim untuk sarana ber olah raga, masih menarik uang BPJS dari masyarakat yang tujuannya pengobatan. Mengapa tidak diarahkan ke olah raga, untuk kesehatan masyarakat dengan peningkatan ber olah raga, masyarak sehat, itu so pasti ,\” sudah berapa ratus Puskesma di Republik ini hanya untuk pengobatan bukan anjuran ber olah raga.\” Kata Profesor Kholik Toho, mantan Dirjen Olah Raga.

UMAHA yang memiliki Fakultas Ilmu Kesehatan sudah saatnya mengadakan penelitian kesehatan masyarakat, terutama manfaat olah raga tertentu terhadap kinerja dan fungsi tubuh, sehinggah masyarakat bisa merasakan manfaat dari kehadiran Fakultas Ilmu Kesehatan di UMAHA.

Scroll to Top