Digital marketing tidak hanya sekedar marketing online

Internet saat ini merupakan suatu kebutuhan yang harus terpenuhi. Dengan kecepatan informasi yang masuk ke dalamnya, membuat beberapa masyarakat lebih memilih internet untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Perusahaan maupun pengusaha mulai berpindah ke internet untuk mempromosikan produk atau jasa sehingga menimbulkan persaingan yang ketat. Perlu adanya strategi dalam digital marketing. Tanpa adanya strategi dan hanya mengandalkan marketing online saja, maka tidak akan maksimal

Pemasaran dulunya hanya dilakukan dengan metode face to face atau memasang media cetak seperti flyer, spanduk, koran, ataupun billboard, namun sekarang mulai berpindah ke digital. Istilah pemasaran lewat online atau internet biasanya dikenal dengan nama internet marketing atau digital marketing. Kedua istilah tersebut meskipun terlihat sama yang tujuannya memasarkan produk melalui media internet namun ada perbedaan. Keduanya juga mempunyai strategi yang lebih specific menjangkau target audience tertentu sesuai dengan produk yang ditawarkan.

Penerapan digital marketing sangat beragam seperti pemasaran melalui media digital, yaitu iklan TVC, ebook, koran digital, company profile video, marketing email, endorse influencer, broadcast SMS, iklan pay per click, banner iklan, pay per sale, pay per lead, dan sebagainya. Fokus utama pada digital marketing bertujuan tidak hanya menarik pelanggan untuk peningkatan penjualan saja, sebab digital marketing tak hanya mempromosikan sebuah produk atau brand, tetapi juga membangun brand awareness dan customer relation.

\"digital
digital marketing

Manfaat digital marketing

1. Peningkatan penjualan dan mudahnya mendapatkan informasi produk

Optimasi Teknik digital marketing secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan produk tersebut juga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai produk. Seperti halnya sebuah toko, website bisa dikunjungi oleh masyarakat dan melihat informasi yang diinginkan. Nilai lebihnya adalah website bisa diakses 24 jam sehingga tidak perlu repot menunggu jam kerja toko atau perusahaan.

2. Jalin komunikasi lebih mudah ke konsumen

Tersedianya banyak fitur komunikasi yang berada pada internet memudahkan konsumen untuk berkomunikasi dengan penjual maupun perusahaan. Beberapa perusahaan mempunyai live chat, email, ataupun nomer darurat untuk dihubungi yang tertera pada website. Hal tersebut semata-mata untuk menjalin komunikasi dengan konsumen. Brand bisa juga mendapatkan data riset bagaimana kepuasan konsumen terhadap produk brand tersebut.

3. Digital marketing dengan biaya yang lebih murah dibanding dengan cara konvensional

Bisnis berskala kecil, beriklan di internet atau media digital tidak akan menghabiskan banyak biaya. Sosial media tidak dikenakan biaya pendaftaran atau gratis sehingga menghemat biaya promosi. Fokus yang dilakukan hanyalah beriklan pada sosial media tersebut dengan menambah konten produk yang ditawarkan. Setelah itu, optimasi iklan dan target audience bisa disetting lewat layanan iklan yang disediakan oleh platform sosial media tersebut untuk mencari konsumen yang potensial sesuai dengan target market produk.

Jika terdapat toko online atau web pribadi dengan domain sendiri, optimasi iklan bisa berkolaborasi dengan google ads untuk menjangkau pengunjung yang lebih banyak. Biaya marketing bisa disesuai sesuai dengan budget yang ada. Pemasaran online dengan mempunyai web tersendiri bisa mendukung branding produk dan mempunyai portal yang lebih ekslusif.

Penulis : Moh Cholisatur Rizaq

Scroll to Top