CIVITAS AKADEMIKA UMAHA MEMAKAI SARUNG DAN SONGKOK DIHARI SANTRI 2023

\"\"
Suasana perkuliahan dihari Santri Nasional

Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional yang jatuh pada hari minggu 22 Oktober 2023, Rektor Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo dr. Hidayatullah Sp.N menginstruksikan melalui surat edaran kepada seluruh segenap civitas akademika laki laki untuk memakai sarung dan songkok warna hitam pada setiap aktivitas di lingkungan Umaha mulai hari Jumat 20 Oktober 2023 hingga Minggu 22 Oktober 2023.

Terlihat hari ini dalam kelas kelas kuliahpun mahasiswa dan dosen kompak menggunakan sarung dan songkok. Meskipun mereka menggunakan sarung dan songkok, namun mereka tetap memakai sepatu dalam setiap kegiatan tersebut. Seluruh Staf dan Tenaga Kependidikan juga terlihat layaknya santri yang identik menggunakan sarung dan songkok. Meskipun menggunakan sarung dan bersepatu seluruh civitas akademika terlihat percaya diri dan seakan akan terbiasa dengan kostum  tersebut.

menurut salah satu mahasiswa Teknik Mesin semester 1, Muhammad Rizki Hermanto mengatakan bahwa jarang jarang kuliah menggunakan sarung dan songkok seperti ini, apalagi tidak memakai sandal namun tetap menggunakan sepatu. \”walaupun sedikit terlihat aneh tapi saya tetap percaya diri karena yang berpenampilan seperti ini tidak saya saja\”. Iapun menambahkan jika penampilannya hari ini berbeda dengan hari hari yang lain itu karena dalam rangka memperingati hari santri.

\"\"

Sementara itu Rektor Umaha  dr. Hidayatullah Sp.N berharap dengan memperingati hari santri bisa menjadi tonggak baru dimulainya kemajuan pesantren, bagaimanapun juga pesantren mempunyai peranan penting dalam membingkai kerukunan bangsa. Beliaupun juga tak lupa menyampaikan pesan untuk para santri di seluruh Indonesia agar para santri tidak melupakan identitasnya, meskipun tak lagi belajar di lingkungan pondok pesantren dan juga berharap para santri bisa menjaga karakter baik yang dimiliki dan turut berkontribusi untuk negara.

Peringatan yang berlaku sejak tahun 2015 ini, diharapkan bisa menjadi titik balik kebangkitan santri di Indonesia. Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia. Untuk Tahun 2023 ini peringatan Hari Santri mengangkat tema ” Jihad Santri Jayakan Negeri ”. Tema tersebut untuk mengajak para santri berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad. Selamat merayakan Hari Santri Nasional. !!.(Humas-Umaha)

Scroll to Top