INTERNATIONAL STUDIUM GENERAL

Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo (UMAHA) menggelar International Studium General dengan tajuk ” New Culture, Literacy Digital and Halal Lifestyle”. Bertempat diruang Auditorium Gedung Rektorat UMAHA pada hari jumat 17 Mei 2024. Rangkaian kegiatan tersebut dihelat secara daring dan luring, melalui link Zoom http://zoom.us/j/6111021959 dengan menghadirkan Prof M. Reevany Bustami, dari Universitas Sains Malaysia dan Dr.Tubagus A. Darojad, dari Rajamangala University of Technology Krungtep (RMTUK) Thailand.

Berbagai topik diskusi yang menarik disajikan selama kegiatan berlangsung, mulai dari New Culture, Literacy Digital and Halal Lifestyle, hingga Student-Centered Learning. Kuliah umum digelar sebagai bentuk implementasi dari MoU yang sudah terjalin selama ini. Wakil Rektor IV Bidang SDM, Kerjasama dan Humas Dr. Asri Wijayanti,S.H.,M.H menjelaskan bahwa International Studium General diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan dosen dan mahasiswa agar dapat mengikuti perkembangan IPTEK dan Culture yang berkembang saat ini. “Sebagai bentuk pengimbasan, program ini dilaksanakan secara live melalui zoom dan youtube sehingga dapat diputar ulang dan disimak oleh publik,” terang Asri.

Sementara itu, Presiden Asosiasi Dosen Republik Indonesia (ADRI) Prof. Dr. Achmad Fathoni Rodli M.Pd. juga menegaskan bahwa program ini dengan mengundang pakar dari berbagai negara tersebut sangat bermanfaat. “Semoga program ini dapat memberikan dampak positif, khususnya terkait inovasi pembelajaran mata kuliah yang ada di UMAHA,” imbuhnya.

Secara umum, rangkaian Studium General berjalan dengan lancar.Diikuti kurang lebil seratus peserta baik dari dosen dan mahasiswa, banyak peserta yang berpartisipasi dan turut aktif terlibat dalam diskusi dengan narasumber. Hal itu menunjukkan bahwa kegiatan serupa sangat dinanti di kemudian hari karena memberikan banyak manfaat kepada publik, khususnya UMAHA sendiri dibidang Kerjasama Internasional. (Humas Umaha)

Scroll to Top