Mahasiswa Kelompok 20 Gandeng Mitra ‘‘Tiga Dara” dalam Program KKNT-KWU UMAHA 2021

Minggu (03/10/2021), Mahasiswa Kelompok 20 KKNT-KWU UMAHA 2021 berkolaborasi dengan Mitra UMKM ‘‘Tiga Dara’’ yang beralamat di Jl. Kh. Fakhrudin No. 248B Medaeng Wetan Kec. Waru Kab. Sidoarjo. Kita melakukan Survey untuk Kuliah Kerja Nyata Tematik yang tujuanya akan dilakukan analisa permasalahan setiap mitra, yang dibimbing langsung oleh Bapak Rezki Aulia Pramudita, SE, MBA. Selaku Dosen Pembimbing kelompok kami. 

Produk yang kami angkat di sini merupakan produk makanan ringan seperti kerupuk, makaroni, kulit kebab, dll. Produk pangan tersebut memilki banyak penggemar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk pemasaran Pemilik UMKM Tiga Dara ini biasa mendistribusikan ke agen-agen snack yang ada di wilayah terdekat.

Produk Tiga Dara yang saat ini kami analisa yaitu kerupuk soto dan makaroni yang diproduksi dengan terigu dan tepung tapioka. Sehingga cemilan kerupuk soto dan makaroni ini mempunyai cita rasa yang gurih dan juga renyah saat dimakan. Adapun beberapa varian dari kerupuk soto  dan makaroni yaitu varian Original, Pedas, BBQ, Ayam Bawang, Sapi Panggang, dan Balado.

Distributor Tiga Dara berdiri sejak Tahun 2005, yang didirikan oleh Bapak DamuriUsaha ini memiliki 7 orang karyawan. Distributor Tiga Dara ini pasti memiliki banyak sekali pesaing yang satu level dengan produk yang diproduksi seperti Makaroni Gila, Makaroni, dll. Terkait program yg dilakukan oleh kelompok 20 dimulai dengan menambah varian rasa dan melakukan improvisasi terhadap kemasan dengan menggunakan kemasan jenis ziplock dan memberi label dengan desain yang menarik.

Program selanjutnya adalah melakukan pendampingan terhadap mitra terkait peningkatan pengelolaan keuangan dengan melakukan pencatatan dengan menggunakan aplikasi keuangan digital yang mudah untuk dioperasikan. Aplikasi yang digunakan adalah BUKU KAS. Dalam aplikasi ini memiliki fitur untuk mengelola jumlah stok barang yang ada di mitra hingga pelaporan untuk keuangan untuk mempermudah pengelolaan penjualan.

Program lainnya adalah melakukan proses pendampingan untuk meningkatkan optimasi pemasaran yg tepat guna dengan menambahkan lokasi pada Google Maps. Penambahan lokasi pada Google Maps cukup mudah dan efektif untuk mempermudah orang-orang mencari lokasi tersebut. Lokasi pada Google Maps lengkap dengan foto lokasi, no. telepon, dan jam buka tutupnya.

Untuk harga pastinya kita menjual dengan harga yang sesuai dengan keadaan saat pandemi kali ini. Harga sesuai dengan kualitas produk kami, serta rasa yang nikmat sehingga konsumen tidak merasa rugi telah membeli produk dari kami.

Scroll to Top