MAHASISWA KELOMPOK 40 BERKOLABORASI DENGAN UMKM STIK BAWANG GUNA MENINGKATKAN PERAN EKONOMI, KREATIF, DAN POTENSIAL DALAM PROGRAM KKNT-KWU 2021

Penulis : Fitriyaningsih

Kelompok 40

  • Diana Nur Safitri Prodi S1 Manajemen
  • Risa Laili Nurrohmah Prodi S1 Manajemen
  • Dina Ailul Izzah Prodi S1 Desain Komunikasi Visual
  • M. Rifqy Abdul Aziz Prodi S1 Teknik Industri
  • Nur Afni Ismawanti Prodi S1 Akuntansi
  • Silvia Alicia Rahmawati Prodi D3 Analis Kesehatan
  • Kusnul Kotimah Vivi Anjarwati Prodi D3 Analis Kesehatan
  • Shofyan Alif Hidayat Ferdiansyah Prodi S1 Teknik Informatika
  • Fitriyaningsih Prodi S1 Manajemen

Sabtu, 18 September 2021, mahasiswa kelompok 40 KKNT-KWU UMAHA 2021 berkolaborasi dengan mitra UMKM “ Makmur Barokah ” yang berlokasi di Gilang RT 08 RW 02 Kec.Taman Kab.Sidoarjo. Kami melakukan survey untuk Kuliah Kerja Nyata Tematik yang tujuannya akan melakukan analisa permasalahan setiap mitra, yang dibimbing langsung dengan Bapak Dr. M. Zamroni, SH.M.Hum selaku Dosen Pembimbing kelompok kami. 

\"\"

Data Profil UMKM :

Nama Usaha               : Makmur Barokah

Badan Usaha               : UMKM

Bidang / Jenis Usaha  : Makanan Ringan

Alamat Usaha             : Desa Gilang RT 08 RW 02 Kec.Taman Kab.Sidoarjo

Tahun Berdiri             : 2013

Nama Pemilik             : Bapak Hanif Syaifuddin

Produk Usaha             : Stik Bawang Mama Mia

Jumlah Tenaga Kerja  : 6 Karyawan

Pemasaran                   : Word Of Mouth (WOM Marketing) dan dititipkan di toko-toko

Nomor Telepon           : 0851-0062-4336

NIB                             : Tidak ada

Halal                           : Tidak ada

Omset per bulan          : ± Rp 3.000.000 / bulan

Profit per bulan           : –

\"\"

Produk yang akan kami angkat disini adalah usaha UMKM yang dijalankan atau diproduksi oleh 6 orang karyawan. UMKM ini memproduksi makanan ringan atau camilan “Stik Bawang Mama Mia”. Stik Bawang Mama Mia adalah makanan ringan yang diolah dari tepung terigu, bawang putih, garam, tepung tapioka, penyedap rasa, bumbu balado. Stik Bawang Mama Mia ini memiliki 2 varian yaitu original dan balado. Stik bawang mama mia merupakan bisnis keluarga yang berdiri sejak 2013 yang didirikan oleh Bapak Hanif Syaifuddin, setelah kami analisa pada UMKM ini terdapat beberapa aspek yang dapat kami bantu agar manajemennya berjalan sistematis. Contohnya dari aspek pemasaran hanya dilakukan dengan menitipkan ke agen-agen dan hanya menerima pesanan saja. Untuk itu kami akan membantu UMKM ini memasarkan lewat Sosial Media seperti marketplace. Selain itu dari aspek produksi pada branding produk untuk kedepannya kami akan rebranding logo agar lebih mudah diingat dan dapat menarik pelanggan untuk membeli produknya. Kami juga akan mendaftarkan UMKM ini untuk mendapatkan sertifikat NIB dan Halal. Dari aspek keuangan akan kami buatkan laporan keungan sederhana dengan aplikasi buku kas dan pembukuan menggunakan buku besar. Dari aspek kesehatan akan diberikan masker dan handsanitizer agar makanan lebih higienis dan sehat.

UMKM ini yang nantinya akan kami bantu untuk meningkatkan usahanya demi mewujudkan inovasi pemikiran digital marketing. Kami berharap dengan adanya program KKNT-K ini dapat meningkatkan omset penjualan dari segi internal dan eksternal UMKM.

Scroll to Top