Penerapan Digital Marketing Dan Inovasi Produk Pada Umkm Sepatu Kulit Bapak Syaifullah Di Desa Banjarsari Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo memiliki produk unggulan hasil industri rumahan berupa sandal dan sepatu, salah satunya di desa Banjarsari .Desa ini telah berkembang menjadi pusat Industri kerajinan sandal dan sepatu sejak Kemerdekaan Indonesia.Perkembangan Desa Banjarsari sebagai sentra industri sepatu dimulai sejak tahun 1990 silam. Desa ini berhasil meningkatkan komoditas ekonomi dalam bidang industri rumah tangga dengan membuat sepatu dan sandal.

Akibat pandemi covid19 ini produksi sepatu dan sandal semakin menurun hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal seperti berkurangnya nya daya jual beli konsumen, terbatasnya aktivitas diluar rumah dan sebagainya. Seiring berkembangnya teknologi banyak perusahaan pesaing yang menjual hasil produksinya menggunakan media online, sehingga perusahaan kecil seperti UKM, UMKM yang belum memahami media online mengalami penurunan omset secara drastis. Berdasarkan observasi dari anggota kelompok 14 KKNT-KWU Universitas Maarif Hasyim Latif Terdapat salah satu industri lokal yang bergerak dibidang produksi sepatu dan sandal ialah Sentra industri kecil sepatu sandal kulit di daerah buduran Sidoarjo. Yang didirikan oleh bapak syaiful sejak tahun 2004. Adapun merk sepatu kulit pak syaiful ini bernama ARVILO yang merupakan singkatan dari nama ketiga anaknya yakni Arza, Vikri dan Jazuli.

Sebelum adanya pandemic covid19 pemasaran produk sepatu kulit melalui sistem word of mouth dan hanya mengandalkan penjualan dari toko retail serta pesanan orang kantor dan sekolah. Omset yang didapatkan pak syaiful mencapai 20 – 30 pasang perbulan dengan harga per pasang nya 125.000; – 150.000;. Dampak dari pandemic covid19 yang telah disebutkan, pak syaiful mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya sehingga kegiatan KKN yang dilakukan oleh kelompok 14 adalah 1. sosialisasi dan pendampingan dalam memasarkan produk melalui media digital seperti E-Commerce, media sosial. 2. Memberikan pelatihan foto produk. 3. Sosialisasi dan memberikan contoh desain sepatu sandal model terbaru dan mengikuti trend.

\"\"

Melalui program kegiatan kuliah kerja nyata tematik atau yang disingkat KKNT yang dilaksanakan oleh kelompok 14 di sentra industri kecil sepatu sandal ARVILO diharapkan nantinya dapat memberikan manfaat yang berdampak pada kenaikan omset serta kemajuan

gaya model sepatu yang mengikuti zaman. Berikut potret kegiatan KKNT-KWU UMAHA kelompok 14.

Scroll to Top