RETROGRADE 2022 : Tradisi  Semester Ganjil DKV UMAHA \”Pameran External 2022 di Royal Plaza Surabaya\”, bertajuk RETROGRADE, merupakan  Hajatan penyajian Kria untuk di Komunikasikan dan di Apresiasi.

Sebagai tradisi akhir Semester mahasiswa Desain Komunikasi Visual adalah melaksanakan Pameran Karya Mata Kuliah. Oleh karena itu Pameran dilaksanakan 2 kali di akhir Semester yaitu Semester Gasal dan Semester Genap. Untuk Semester Gasal Pameran selalu dilaksanakan di Luar Kampus, mulai dari sebuah Café, Area Umum, di Kampus Perguruan Tinggi lain juga di Plasa. Untuk tahun ini melaksanakan di sebuah Plasa yaitu di Royal Plaza Jl. A. Yani 16-18 Surabaya lantai 2. Khusus untuk pameran Semester Genap yang dilaksanakan di Lingkungan Kampus UMAHA, mahasiswa harus menampilkan karya secara maksimal karena nilai mata kuliah didasarkan penilaian dari pengunjung pameran.

\"\"
Gambar 1 : Audio Teksline di Royal Plaza Surabaya

Pameran merupakan suatu kegiatan penyajian karya sehingga dapat dikomunikasikan dan diapresiasi oleh masyarakat. Pameran juga merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas. Pameran bukan hanya mengelola unsur – unsur, objek atau karya yang dipamerkan dalam ruang pamer saja, tetapi juga segala unsur yang berada di luar ruang pamer, seperti perupa, kurator dan penontonnya. Dalam kegiatan ini diharapkan dapat terjadi komunikasi antara perupa yang diwakili oleh karya seninya dengan apresiator.

Tema Pameran

Tema pameran tahun 2023 ini adalah retrograde adalah gabungan kata dari Retro & Grade. Retro merupakan definisi untuk menunjukan budaya yang sudah lama ada di era 90-an. Retro ini Memiliki elemen garis yang tegas dan simple baik dalam segala hal, salah satunya ciri dari desain retro art deco yang identik dengan kesederhanaan. Sedangkan Grade artinya versi, kelas, tingkat dan mutu. Jadi maksud dari retrograde adalah membawa kita kembali ke versi sembilan puluhan dan merasakan suasana tersebut untuk dibawakan ke masa sekarang.

\"\"
Gambar 2. : Mascot Pameran Eksternal RETROGRADE II

Era 90-an mempunyai ciri khas seperti warna berani contohnya pink, kuning, biru. Warna – warna cerah ini dengan pola funky dan garis hitam untuk estetika klasik 90-an. Mode atau style yang digunakan sangat menyenangkan karena di era 90-an  semua tentang ekspresi. Dari mode grunge hingga pola flanel populer, kita dapat menggabungkan gaya modis favorit  dengan melihat pola dan teksturnya.

\"\"
Gabar 3 : Beberapa Karya Kria Mahasiswa Internal DKV

Bentuk abstrak dan geometri sangat terkenal di tahun 90-an, pola polkadot dan bentuk abstrak tebal adalah standar di antara grafis bertema 90- an. Era 90-an merupakan waktu yang kaya untuk momen budaya pop dan salah satu era paling norak dan menyenangkan dalam sejarah desain grafis. Anak – anak muda jaman sekarang sering menggunakan nostalgia dengan cara memanfaatkan dan berinovasi pada kenangan indah audiens (dan karena itu asosiasi positif) dari peristiwa atau fitur dari dekade yang lalu untuk menciptakan konsep kontemporer yang segar. Kebangkitan kembali desain tahun 90-an sangat populer di kalangan milenial, karena mewakili periode \’kedewasaan\’ mereka.

Pentas Seni

Pertunjukan musik sebagai pelengkap pameran karena musik mempunyai tujuan rekreatif, artinya musik diciptakan untuk tujuan hiburan saja. Namun, pada umumnya penyajian musik hiburan mempunyai dua tujuan sekaligus, yaitu menghibur pendengarnya dan memperoleh keuntungan komersial. Pameran Karya Lomba Poster, FanArt dan Foto Kontes

\"\"
Gambar 4 : Pentas Seni Muisik

Lomba FanArt dan Poster DKV 2023

Pameran tahun ini agak berbeda karena tidak saja memamerkan Karya internal dari DKV UMAHA, tetapi juga memamerkan karya dari lomba Poster dan FanArt yang diselenggarakan DKV UMAHA tahun 2023. Lomba Poster terbuka untuk Umum yang diikuti mulai dari Siswa SMA/SMK sampai Perguruan Tinggi baik PTS maupun PTN, bahkan peserta tidak hanya berasal dari Surabaya Raya saja tetapi juga dari Jawa Timur bahkan dari Luar Jawa.

Juara Karya Lomba FanArt

  1. Juara I : Karya :  SUKMA berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 (SMKN) Bone Sulawesi Selatan
  2. Juara II : : Iftiar Esa Swastika berasal dari Universitas Islam Negeri RADEN MAS SAID (UIN) SURAKARTA
  3. Juara III : LEANDRI OSAMA berasal dari Kota Gayo Aceh.

Juara Karya Lomba Poster

  1. Juara I : Lois Palupi Nandatiko dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
  2. Juara II : Tristan Aditya dari dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  3. Juara III : Karya Ra\’ufa Insani Lutfi dari Universitas Brawijaya Malang (UB)
\"\"
Gambar 5 : Juara I Lomba Poster dengan Judul : Covid – 19 karya Lois Palupi Nandatiko dari ITS

KARYA LOMBA POSTER

JUARA 1 Lomba Poster dengan Judul : Covid – 19 karya Lois Palupi Nandatiko dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Poster menggambarkan Covid 19 dengan varian baru masih ada di sekitar kita dan mencari korban berikutnya. So , mari divaksin dan di sanitasi demi kesehatan kita

\"\"
Gambar 6 : Lomba Poster, Judul :  Covid – 19 karya Tristan Aditya dari ITS

JUARA 2 Lomba Poster dengan Judul :  Covid – 19 karya Tristan Aditya dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Pesan Poster Rayakan Malam Tahun Baru dengan Aman di Sampai saat ini, masih ada kasus Covid – 19 .  meski tak sebanyak sebelumnya, kita tetap harus menjaga diri dari Covid – 19, saat merayakan hari besar seperti saat merayakan tahun baru . Jangan biarkan penjaga Anda turun, tetap protokol kesehatan dan tetap aman

\"\"
Gambar 7 : Lomba Poster Judul : Jauhi Narkoba. (Ra\’ufa Insani Lutfi dari UB)

JUARA 3 Lomba Poster dengan Judul : Jauhi Narkoba. Karya Ra\’ufa Insani Lutfi dari Universitas Brawijaya Malang (UB). Diskripsi Poster Stop Tenggelamkan Mimpi dalam Pengaruh Adiksi Sebuah diksi yang menggambarkan betapa ruginya seseorang bila menyentuh hal berbau Narkotika .  Tak hanya masa depan yang patah, tapi pengaruhnya bagi orang tersayang akan sangat terasa.  Bak nafsu yang ingin terpuaskan , adiksi narkoba hanyalah jebakan yang akan terus menghantui seperti kehausan orang .  Jadi rajinlah beribadah , kuatkan iman , selalu berbuat baik dan jauhi Narkoba

KARYA LOMBA FANART

\"\"
Gambar 8 : Lomba FanArt dengan Judul : Back To 90’s. Karya :  SUKMA berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 (SMKN) Bone Sulawesi Selatan

JUARA 1 Lomba FanArt dengan Judul : Back To 90’s. Karya :  SUKMA berasal dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 (SMKN) Bone Sulawesi Selatan. Pesan moral  Mr. Boxy terjatuh dan menemukan sebuah kotak seperti lubang portal buat kembali ke zaman 90an dimana didalamnya terdapat barang-barang yang populer dimasa itu. seperti radio, kaset pita, PlayStation 1, dan masih banyak lagi.

\"\"
Gambar 9 : Lomba FanArt dengan Judul : Tecno 90th \” Era 90. Karya : Iftiar Esa Swastika dari Universitas Islam Negeri RADEN MAS SAID SURAKARTA

JUARA 2 Lomba FanArt dengan Judul : Tecno 90th \” Era 90. Karya : Iftiar Esa Swastika berasal dari Universitas Islam Negeri RADEN MAS SAID (UIN) SURAKARTA. Pesan moralnya Tecno 90th \” Era 90 , masa dimana semua penuh dengan perkembangan yang begitu pesat. Terutama teknologi . Salah satunya konsole game , si primadona permainan remaja pada masa itu sebelum mengenal gadget seperti saat ini . Untuk mengenang maka terciptalah karya ini .

\"\"
Gambar 10 : Lomba FanArt dengan Judul : Out of the Box. Karya : LEANDRI OSAMA berasal dari Kota Gayo Provinsi Aceh

JUARA 3 Lomba FanArt dengan Judul : Out of the Box. Karya : LEANDRI OSAMA berasal dari Kota Gayo Aceh. Diskripsi karya Mr.boxy as mascot Creature 2 Retrograde Meskipun disini mr.boxy itu digambarkan sebuah kotak namun pemikiran generasi muda Indonesia itu harus out of the box

Punggawa Pameran

Tema Retrograde dipilih karena kami memiliki harapan kepada Jurusan Desain Komunikasi Visual di Umaha akan menghasilkan Mahasiswa yang memiliki daya pikir dan kreativitas yang sama dengan era 90-an. Tujuan Kegiatan Adapun tujuan kegiatan Orientasi Studi Jurusan Mahasiswa Baru Desain Komunikasi Visual 2023 ini adalah Meningkatkan kemampuan kreativitas mahasiswa desain komunikasi visual Universitas Maarif Hasyim Latif.

\"\"
Gambar 11 : Punggawa Pameran Eksternal DKV UMAHA 2022

Memperkenalkan karya-karya mahasiswa desain komunikasi visual Universitas Maarif Hasyim Latif kepada masyarakat luas dan siswasiswi SMA/K. Mengangkat citra desain komunikasi visual Universitas Maarif Hasyim Latif pada masyarakat, utamanya di kalangan pelajar SMA/SMK. Menumbuhkan sikap solidaritas dan kekeluargaan antar mahasiswa desain komunikasi visual (Waru, 29Jan23)

Scroll to Top