Universitas Maarif Hasyim Latif Rutin Tambah Wawasan Dosen

Kolaborasi hilirisasi industri Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) adalah kegiatan rutin Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo.  Kegiatan tersebut digelar di gedung A ruang Auditorium Lt/3 kemarin, Kamis, 12 Oktober 2017.

Acara ini menjadi sarana Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo untuk mendukung peran dosen dalam mewujudkan penelitian yang berkualitas, bernilai tinggi dan implementasinya bisa dirasakan oleh masyarakat luas. Selain itu, tampak kemeriahan dari lebih 50 peserta yang antusias dalam mengikuti acara, diantaranya, dari Fakultas Teknik, Fakultas Kesehatan, Fakultas Management, Fakultas Hukum, serta para undangan lainya.

Dr. Anton Muhibuddin pemilik hak paten pengolaha sampah, yang juga sebagai Rektor Universitas KH. A. Wahab Hasbullah (UNWAHA) Jombang. Pada kesempatan ini Dr. Anton sapaan akrabnya memaparkan bagaimana pengolahan sampah sehingga menjadi bioetanol yang siap diproduksi menjadi bahan industri masal. Menurutnya, “Kita wajib menjaga sinergi institusi pendidikan dengan industri yang harmonis seperti yang kita rencanakan  saat ini”

Pada kesempatan sama, Bayu Charisma Putra, M.Si selaku dosen Teknik Informatika yang turut mengisi materi mengaku, kegiatan yang diadakan oleh lintas prodi ini banyak memberi manfaat positif. “Dengan cara berkolaborasi lintas prodi kita bisa berdiskusi dan menemukan banyak celah untuk mengantisipasi hilirisasi industri,” ungkap Bayu.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dr. Nuning Nurnadewi MM berharap, \”Kegiatan rutin ini mampu menambah wawasan para dosen dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya penelitian dan pengabdian masyarakat,\” katanya.

Menurut Nuning, tujuan kegiatan ini mengajarakan para dosen cara melaksanakan dan bagaimana mempublikasikannya secara online maupun offline. \”Dengan begitu kegitan penelitian menjadi beragam dari disiplin ilmu,\” imbuhnya. (*)

Penulis : Eko Setyawan

Scroll to Top