Mahasiswa KKN-T Kewirausahaan Umaha 2021 Kelompok 23 Bermitra dengan Bapak Sukirno Penjual Jamu Ramoean Uthi .

Mahasiswa kelompok 23 KKN Tematik Umaha 2021 melakukan kerjasama dengan mitra penjual jamu Pak Sukirno “ Ramoean Uthi” yang beralamat di Desa Banjaran RT 03 RW 02 Kecamatan Driyorejo Kabupaten Gresik. Agenda ini telah mendapatkan persetujuan dari dosen pembimbing kami yaitu bapak Mukti Ali. S.SOS, M.PSDM. UMKM Jamu Ramoean Uthi ini bergerak dalam bidang usaha minuman jamu dengan varian rasa kunir asam dan godongan. Kelompok kami merasa tertarik untuk bermitra dengan Pak Sukirno karena sangat sesuai dengan tema Kewirausahaan, selain rasa yang enak dan berbeda dengan jamu kunyit lainnya maka kami tidak ragu untuk bermitra dengan pak sukirno sebagai mitra kkn kami.

Permasalahan yang terjadi pada UMKM Jamu Ramoean Uthi ini yaitu belum adanya branding produk dan belum adanya pemasaran melalui sosial media. Maka kami melakukan beberapa program kerja untuk membantu UMKM ini agar bisa lebih di kenal masyarakat luas dan usaha ini tetap berkembang meski di tengah pandemi covid.kami membuat beberapa program kerja yang sebelumnya sudah kami koordinasikan dengan bapak Sukirno. Program kerja kami di antaranya yaitu  membangun branding merek yang sebelumnya belum ada merek dagang, pemilihan kemasan produk yang sebelumnya masih menggunakan kemasan botol bekas minum yang di cuci ulang , kita juga mengedukasi mengenai higienis dan sanitasi produk untuk kualitas produk jamu ,pentingnya digital marketing sebagai media pemasaran  agar di lebih di kenal luas dengan harapan semakin banyaknya pembeli agar usaha ini semakin berkembang dan yang terakhir yaitu pembuatan agar biaya pengeluaran dan pemasukan bisa jelas.

Harapan kami melalui kegiatan KKN-T Kewirausahaan ini dapat memberikan dampak yang positif bagi pelaku usaha UMKM agar bisa bertahan meski di tengah pandemi covid 19 ini . selain itu , kami berharap kegiatan ini mampu memberikan wawasan serta pengalaman hidup yang sangat berharga.

Scroll to Top