Masih bingung dalam memulai bisnis Jualan? ini solusinya

\"\"

 

gambaran aspek bisnis

Apa kabar semua? Pastinya baik-baik saja kan. Kali ini kita akan berbagi sedikit ilmu mengenai Bisnis berdagang yang pastinya sangat bermanfaat untuk kita semua. Banyak sekali golongan anak muda yang ingin membuat/membuka bisnis berdagang baik offline (secara langsung) seperti membuka toko, warung, dll dan ada juga yang online melalui marketplace yang ada saat ini. dalam bisnis berdagang ini kita harus mengetahui aspek –  aspek apa saja yang bisa menunjang bisnis berdagang kita. Karena dalam bisnis berdagang kita tidak bisa hanya mengarang dan langsung memulai berbisnis tanpa adanya ilmu untuk memaksimalkan bisnis kita. 

Langkah awal menentukan produk

Aspek terpenting dalam memulai berdagang / berjualan adalah menentukan produk yang ingin dijual. Banyak dikalangan masyarakat Indonesia yang tidak tahu langkah awal dalam menentukan produk yang ingin dijual. Bisa kita lihat di jalan – jalan, Mall, Pasar atau di tempat perdagangan lainnya yang produknya sama sehingga terciptanya persaingan yang kurang menguntungkan untuk kedua belah pihak. Oleh karena itu kita harus memahami Langkah awal dalam menentukan produk yang ingin dijual.

Adapun Langkah awalnya adalah :

  • Jenis produk yang ingin dijual

Produk komoditas adalah barang-barang yang dibutuhkan oleh semua orang.

Barang-barang komoditas ini umumnya memiliki permintaan yang tinggi dan penting untuk kehidupan manusia. Produk komoditas bisa berupa barang fisik ataupun digital.

Di marketplace, jenis barang komoditas sudah merajalela dan banyak sekali penjualnya. Artinya, persaingannya juga sangat tinggi. Maka harga jual serta margin profit yang nantinya kita tetapkan juga tidak bisa terlalu tinggi.

Contoh produk komoditas adalah :

  1. Makanan (yang umum dan tidak dikhususkan untuk jenis konsumen tertentu)
  2. Alat-alat rumah tangga
  3. Pakaian (yang umum seperti kaos dan tidak dikhususkan untuk jenis konsumen tertentu)
  4. Sampo, sabun, sikat gigi, pasta gigi (yang umum dan tidak dikhususkan untuk jenis konsumen tertentu)
  5. Bahan bangunan
  6. Sumber energi seperti listrik, batu bara, air, dll

  • Memperhatikan lingkungan sekitar

Setelah memahami jenis produk yang ingin dijual kita juga harus memerhatikan di lingkungan sekitar adakah produk serupa dan berapa banyak yang menjual produk serupa.

Semakin kecil / sedikit yang menjual produk yang sama maka semakin besar pula peluang yang bisa kita ambil . sehingga perkembangan bisnis kita melaju lebih pesat dan kita bisa lebih fokus ke inovasi serta strategi apa yang mau kita ambil dalam memajukan bisnis kita.

  • Keunikan produk

Inovasi juga dibutuhkan untuk menunjang kemajuan pembelian produk yang ingin kita jual. Semakin bagus dan unik produk yang kita jual maka semakin tertarik untuk para konsumen membeli produk kita.

Inovasi biasanya dituangkan dalam bentuk kemasan produk. Berbagai pola gambar, warna, serta informasi produk dicantumkan secara jelas dan menarik. Dalam hal ini  banyak inovasi yang bisa kita dapatkan melalui media maya seperti Instagram, youtube, facebook, dll sebagai referensi dalam mencari inovasi produk.

  • Jual ke orang terdekat

Selain memperkenalkan produk yang ingin kalian jual, langkah ini juga termasuk Sebagian dari promosi yang secara tidak langsung mengenai produk yang ingin kalian jual. Dalam Bahasa jawa promosi seperti ini biasa disebut “gethuk tular” atau dalam Bahasa indonesianya adalah “dari mulut ke mulut”. Sehingga produk yang kalian jual akan semakin cepat dikenal oleh masyarakat didekat anda. Banyak dikalangan penjual yang tidak menerapkan Langkah ini karena suatu alasan seperti malu dan lain sebagainya. Padahal sangat menguntungkan dan biasa dijadikan patokan oleh orang terdekat dalam mencari produk yang ingin dibeli.

Sekian ilmu yang bisa admin share mengenai Langkah awal memulai bisnis berdagang. Semoga bermanfaat. jika ada masukan atau pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar dibawah. Salam sukses dan selalu jaga Kesehatan. Terima kasih….

Penulis : Mochammad Rifqi Rahmadhani

Scroll to Top