PERAN KKN TEMATIK BERBASIS DIGITALISASI UMKM TERHADAP UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENJUALAN ONDE-ONDE RAINBOW

Mangkuwata, Fajar Mauludhani, Ahmad Bagus Syifaurromli, Inaya Shofatul Qoiriyah, Rusida Nur Agustin Ningrum, Sumialiyah, Ika Setyo Laras, Mei Purwantoro, Fitriatul Hazanah

Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo; Jl. Ngelom Megare No.30, Ngelom, Kec. Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61257, (031) 7885205

Email

1[email protected]

2[email protected]

3[email protected]

4[email protected]

5[email protected]

 6[email protected]

7[email protected]

8[email protected]

9[email protected]

ABSTRAK

Kuliah Kerja Nyata tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan (KKNT – KWU). Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan (KKNT – KWU) ini telah dilaksanakan di Desa Tambak Kemeraan Krian Sidoarjo selama 1 bulan dimulai pada tanggal 8 September sampai dengan 8 Oktober 2021. UMKM onde-onde rainbow merupakan umkm yang dipilih menjadi mitra KKNT-KWU karena prospek dari hasil penjualan yang dilakukan selama ini terasa sangat kurang sehingga dapat dibantu untuk meningkatkan omzet penjualan. Program-progarm kerjadirancang melalui diskusi antar anggota kelompok KKNT – KWU dan atas persetujuan Dosen pendamping Pelaksanaan program KKNT

– KWU dilakukan secara seimbang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi di akhir setiap program. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan omzet penjualan dari produk onde-onde dimasa pandemi ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Kualitatif, dengan menggunakan pendekatan Studi Naratif. Dilaksanakan di Desa Tambak kemeraan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Kemudian dilakukan analisis dan interprestasi data yang telah diseleksi, kemudian ditarik suatu kesimpulan. Selanjutnya dilakukan penulisan dan konstruksi hasil penelitian.Berdasarkan kajian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut. 1). Varian rasa bertambah banyak 2). Onde-onde lebih dikenal masyarakat luas. 3). Packaging lebih menarik.

Kata Kunci : Kualitatif, Naratif,UMKM,Kewirausahaan

ABSTRACT

This year\’s Real Work Lecture is different from the previous year, namely the Entrepreneurship Thematic Real Work Lecture (KKNT – KWU). The Entrepreneurship Thematic Real Work Lecture (KKNT – KWU) has been held in Tambak Kemeraan Village Krian Sidoarjo for 1 month starting on September 8 to October 8, 2021. Rainbow onde-onde MSMEs are MSMEs that have been chosen to be KKNT-KWU partners because of the prospect of the results of sales made so far feel very lacking so that it can be helped to increase sales turnover. Work programs are designed through discussions between members of the KKNT – KWU group and with the approval of the accompanying Lecturer. Implementation of the KKNT program

– KWU is carried out in a balanced manner starting with planning, implementing, and evaluating at the end of each program. The purpose of this research is to increase sales turnover of onde-onde products during this pandemic. This research was conducted using a qualitative method, using a Narrative Study approach. It was held in Tambak Kemeraan Village, Krian District, Sidoarjo Regency. Then the analysis and interpretation of the selected data is carried out, then a conclusion is drawn. Furthermore, the writing and construction of research results are carried out. Based on the studies that have been carried out, it can be concluded as follows. 1). The variety of flavors increases 2). Onde-onde is better known to the wider community. 3). The packaging is more attractive.

Keywords: Qualitative, Narrative, MSME, Entrepreneurship

1. PENDAHULUAN

Secara umum, UMKM dikenal sebagai akronim dari Usaha Mikro, Kecil, Menengah. Namun, jika diruntut dari definisi dan sudut pandang yang berbeda, UMKM memiliki pengertian yang jauh lebih luas. Bagi pelaku usaha, UMKM adalah bisnis atau usaha yang dijalankan oleh perseorangan, rumah tangga, maupun badan usaha kecil.

Menurut ekonom senior, Prof. Ina Primiana, UMKM adalah kegiatan usaha berskala kecil yang mendorong pergerakan pembangunan dan perekonomian Indonesia. Di sisi lain, M. Kwartono Adi menjelaskan definisi UMKM secara lebih spesifik, yakni sebagai badan usaha yang memiliki profit atau keuntungan tidak lebih dari 200 juta berdasarkan perhitungan laba tahunan. Sebuah usaha atau bisnis dapat disebut sebagai UMKM jika memenuhi kriteria usaha mikro. Menurut peraturan perundang-undangan Nomor 20 tahun 2008, UMKM dibedakan berdasarkan masing-masing jenis usaha, yaitu usaha mikro, kecil, dan menengah.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bagian dari kurikulum di perguruan tinggi yang wajib diambil oleh mahasiswa. Program KKN dilaksanakan di tiap tahunnya dengan format yang berbeda-beda. Pada tahun ajaran 2020/2021, Kuliah Kerja Nyata Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) dilaksankan dengan tema KKNT-KWU (Kuliah kerja nyata tematik – kampus, kewirausahaan). KKNT-KWU adalah Sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di perguruan tinggi pada mitra. Hal ini searah dengan tujuan dan misi KKNT-KWU yang merupakan pemberdayaan mitra umkm dimana mahasiswa diharapkan dapat berperan aktif dalam memajukan mitra umkm. Tujuan dan misi KKNT-KWU sebagai pemberdayaan mitra umkm menjadi dasar perumusan  program  kerja  oleh  mahasiswa, sehingga program kuliah kerja nyata menjadi salah satu bagian dari program KKNT-KWU oleh perguruan tinggi. Dengan demikian perguruan tinggi, mahasiswa, serta mitra umkm dapat berinteraksi dan bekerjasama secara sinergis.

KKNT-KWU diakui sebagai salah satu sarana untuk menerapkan tridharma perguruan tinggi secara lebih komprehensif. Oleh karena itu, diharapkan KKNT-KWU dapat memberikan manfaat yang lebih besar baik bagi mitra umkm maupun mahasiswa. KKNT-KWU dapat memberdayakan mitra umkm antara lain melalui penerapan pengembangan teknologi tepat guna kepada Mitra untuk meningkatkan penjualan.

 Mahasiswa pelaksana program KKNT-KWU juga dapat memperoleh pengalaman nyata yang didapatkan langsung dari mitra umkm sehingga dapat memperkaya pengalaman teoritis yang diperoleh di perguruan tinggi.

KKNT-KWU Semester ini dilaksanakan pada tanggal 8 September sampai dengan 8 Oktober 2021 di Desa Tambak Kemeraan Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo. Waktu pelaksanaan KKNT-KWU ini hanya 1 bulan, untuk itu mahasiswa harus mampu memanfaatkan momentum sebaik-baiknya. Melalui KKNT-KWU diharapkan mahasiswa dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh selama proses pembelajaran, berdaya guna untuk membantu menyelesaikan persoalan-persoalan mitra umkm.

2.         METODE PENGABDIAN

Kegiatan Program Pengabdian kepada masyarakat dengan judul Peran KKN Tematik Berbasis Digitalisasi Terhadap Peningkatan Kualitas Penjualan Onde-Onde Rainbow di Tambak Kemerakan, Krian Sidoarjo pada bulan September 2021. Mitra dalam pengabdian masyarakat ini adalah warga Desa Tambak Kemerakan Krian .

Metode yang digunakan dalam pelaksanaan KKNT-UMKM ini adalah: Metode Survey, Metode Penelitian Kualitatif, dan Pendampingan.

Pembuatan Onde-Onde Rainbow, terdapat beberapa Variasi rasa baru yang akan menjadi daya tarik dalam peningkatan penjualan onde-onde Rainbow kelompok kami menemukan inovasi untuk mengolah variasi rasa dan metode marketing. Berikut Bahan-Bahan yang dibutuhkan dalam  membuat onde-onde rainbow :

Bahan

Bahan yang digunakan untuk memproduksi onde-onde rainbow adalah:

Bahan Kulit Onde-Onde:

  • Tepung Ketan 250 gr
  • Gula 50 gr
  • Vanili (secukupnya)
  • Garam (Secukupnya)
  • Air 200 ml
  • Wijen

Bahan Isian Onde-Onde:

  • Kacang Hijau Kupas
  • Gula
  • Garam
  • Daun Pandan
  • Vanili
  • Perasa (Hijau = Pandan, Pink = Stroberi, Cokelat = Choco Chip, Ungu = Blueberry, Cheese, Ori)

Peralatan

Peralatan yang digunakan untuk membuat onde-onde rainbow, Yaitu Kompor, baskom, Timbangan Digital, saringan, sarung tangan plastik, sendok, spatula, wadah sterofoam, label produk onde-onde rainbow

Waktu dan Tempat Pengabdian

KKNT-UMKN Semester ini di laksanakan pada tanggal 08 september sampai dengan 08 Desember 2021 di Tambak Kemerakan, Krian Sidoarjo.

Metode dan Rancangan Pengabdian

Pelaksanaan KKNT-UMKN di di Tambak Kemerakan, Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo mencakup dua bidang kegiatan yang telah direncanakan dapat dikelompokkan yaitu persiapan dan pelaksanaan program. Rincian masing- masing kegiatan serta hasil yang dicapai disajikan ringkas dalam bentuk tabel.

Setelah mengadakan survei dan sosialisasi kepada pemilik Mitra Usaha dan pihak-pihak yang berkaitan dengan program KKN, kelompok KKNT-UMKN melaksanakan program-program tersebut dan melaporkan hasil pelaksanaan program tersebut. Adapun pelaksanaan program kerja oleh tim KKN yang berlokasi di Tambak Kemerakan, Krian Sidoarjo

Tabel 1. Rincian Kegiatan KKNT-UMKM

  No.Jenis Kegiatan  UraianWaktu Pelaksa naanKeteran gan
    1  Rekrutmen MahasiswaPenetapan sebanyak 9 mahasiswa peserta  8 September 2021Direkrut sebanyak 9 orang
      2       PembekalanPembekalan selama 1 hari dilakukan oleh LPPM    8 September 2021  Diikuti bimbing an program kerja
    3  Mobilisasi Mahasiswa ke MitraDiikuti penyerahan DPL ke mitra  8 September 2021Diikuti penyera han kepada mitra

Adapun pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Program Usaha Mikro Kecil Menengah (KKNT UMKM) yakni Bidang Ketahanan   Pangan yaitu :

  1. Penambahan Variasi Rasa
  2. Promosi Hasil Olahan Via sosial media
  3. Pembuatan label produk.
  4. Pembuatan Banner dan X Banner

Kegiatan Program Pengabdian kepada masyarakat dengan judul PERAN KKN TEMATIK BERBASIS DIGITALISASI UMKM TERHADAP UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PENJUALAN ONDE-ONDE RAINBOW yang dilaksanakan selama satu bulan dengan menggunakan beberapa  metode, yakni:

  1. Metode Survey

Kegiatan Program Pengabdian ini dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mecari data yang nantinya akan digunakan dalam Program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

  • Metoe Penelitian Kualitatif

Memperoleh data dengan cara melakukan wawancara dalam pengumpulan data, yakni dengan menggali sumber informasi kepada pemilik mitra.

  • Pendampingan

Mahasiswa melakukan pendampingan selama kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) bertujuan dengan memperkenalkan onde-onde Rainbow.

Tabel 2. Kegiatan Bidang Ketahanan Pangan

NOPROGRAM KERJAPELAKSANAAN
                              1                              Penambahan varian rasaUntuk program penambahan variasi rasa pada produk onde onde dilaksanakan pada tanggal 6 september 2021. Varian awal yang terdapat pada umkm tersebut hanya ada 3 varian rasa, yaitu oiginal, cokelat, dan strawberry. Setelah itu dilakukan 3 penambahan varian rasa yaitu keju, pandan, dan blueberry. Hasil yang didapat pada penambahan varian rasa tersebut sangat berpengaruh pada pemasaran, yaitu semakin banyaknya peminat dari produk tersebut dengan beberapa varian rasa yang ditambahkan. Untuk biaya produksi penambahan varian rasa: Keju Craft Cheddar : 17.000 x 165 g –     Perisa Blueberry : 5.000 x 30 ml Perisa Pandan  : 5.000 x 30 ml Jadi jumlah biaya produksi penambahan varian rasa  adalah Rp 27.000 .  
2Promosi hasil olahan via sosial mediaProgam mempromosikan via sosial media dilakukan pada tanggal 16 september 2021 . Pada mulanya promosi umkm tersebut hanya menggunakan whatsapp bussines untuk media promosinya. Setelah itu dilakukan pembuatan sosial media Instagram untuk mempromosikan produk tersebut. Dengan nama user ondeonde.yanti kalian bisa melihat beberapa tampilan produk serta dapat order melalui akun tersebut.
3  Pembuatan label produkProgram pembuatan label produk onde onde rainbow dilaksanakan dengan tujuan menambah pengetahuan dan dapat meningkatkan keterampilan dalam hal ekonomi serta daya tarik pembeli. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 september 2021. Hasil dari pembuatan desain label pada produk ini sangat berpengaruh pada pemasaran dan semakin banyak orang yang minat dengan produk ini.
4Pembuatan Banner dan X BannerProgram pembuatan desain banner dan x banner dilakukan pada tanggal 20 September 2021 dan melakukan pemasangan ditempat umkm pada tanggal 26 september 2021. Pembuatan benner ini bertujuan untuk menarik pelanggan lebih banyak lagi dengan desain banner yang menarik dan bersifat visual informatif .
  1. HASIL DAN PEMBAHASAN

        Indikator kinerja pengabdian masyarakat untuk mitra dan non mitra meliputi :

  1. Pengetahuan masyarakat akan variasi rasa dari onde-onde rainbow, tidak hanya rasa original (kacang hijau) tapi juga ada varian rasa keju, blueberry, dan pandan.
  2. Mitra bisa menambah keterampilannya dalam penambahan varian-varian baru
  3. Dengan adanya program KKNT-KWU ini mitra berhasil menambah varian baru serta lebih dikenal oleh masyarakat luas melalui media sosial.
  4. Pendapatan mitra semakin meningkat setelah dilakukannya promosi dan penambahan varian baru.
  5. Tampilan kemasan semakin menarik dengan adanya penambahan stiker.

Kegiatan pengabdian ini dibuka oleh ketua tim KKNT di tempat mitra yaitu di Tambak Kemerakan, Krian Sidoarjo. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan dalam KKNT UMAHA Sidoarjo tahun pelaksanaan 2021. Adapun hasil dari kegiatan yang kami kerjakan meliputi :

  1. Men survei tempat Mitra dengan protokol kesehatan yang sesuai serta pengenalan dan kerja sama dengan mitra tersebut.( Gambar 1) Proses pembuatan onde-onde Rainbow yang dibimbing langsung oleh mitra. Kegiatan ini diawali dengan dijelaskan beberapa bahan dan prosedur pembuatan onde-onde Rainbow
  2. Dikarenakan produk mitra belum memiliki brand maka tim serta dengan mitra berdiskusi untuk branding label produk mitra termasuk pembuatan logo, pamflet, banner dan stiker label produk onde-onde tersebut sebagai upaya memperkuat merek produk ataupun jasa. Karena fungsi dasar dari sebuah merek yaitu sebagai pembeda antara yang satu dengan yang lainnya dan pengemasan adalah salah satu unsur penguat suatu merek(brand) .  

1. KESIMPULAN

Onde-onde rainbow  merupakan salah satu dari UMKM di Desa Tambak Kemeraan yang dikelolah oleh bu Yanti sejak tahun 2019. Bermula dari hanya satu varian rasa hingga menjadi berbagai macam varian rasa.

Dari pendampingan yang kita lakukan kepada bu Yanti mulai dari proses pembuatan onde-onde original hingga mencoba varian baru seperti cokelat, stroberry, pandan, blueberry, dan keju ternyata masyarakat lebih tertarik dengan varian rasa tersebut karena selain rasanya yang lebih enak, onde-onde  dengan varian baru tampilannya lebih menarik.

Selain itu juga pengadaan banner x banner dan stiker menjadi daya tarik tersendri bagi masyarakat sekitar atau pun masyarakat umum. Sehingga dapat meningkatkan minat pembeli.

  • UCAPAN TERIMAKASIH

Tim KKNT mengucapkan terimakasih kepada lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat ( LPPM ) Universitas Ma\’arif Hasyim Latif Sidoarjo, mitra usaha onde-onde Rainbow di Tambak kemerakan, krian Sidoarjo serta seluruh pihak terkait yang sudah mendukung kegiatan pengabdian ini sehingga terlaksana dengan baik.

  • DAFTAR PUSTAKA
https://www.cermati.com/artikel/memahami-pengertian-umkm-ciri-dan-perannya-bagi-ekonomi
Scroll to Top