Rembuk Pendidikan

Pada hari Selasa tanggal 19 Oktober 2021. Rektor Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo sekaligus sebagai Anggota Dewan Pendidikan Kabupaten Sidoarjo menghadiri acara yang bertemakan \”Penguatan Kewirausahaan untuk Pendidikan di Kabupaten Sidoarjo sebagai Kota UMKM\” yang diselenggarakan di Favehotel Sidoarjo. Acara bergengsi ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo, Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Prof. Akh. Muzakki,M.Ag selaku Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur, Ir. Retno Sumekar, M.Sc selaku Komisaris Utama PT. Kimia Farma Diagnostika, Dr. H. Siti Nur Husnul Yusmiati, M.Kes selaku Direktur IHC – UMAHA, Bapak Alim Markus selaku Owner PT.Maspion Grup. Adapun Kepala Sekolah SMP dan SMA se-Kabupaten Sidoarjo sebagai peserta dalam acara Rembuk Pendidikan.

\"\"

Pembahasan yang sangat penting dalam acara Rembuk Pendidikan yaitu sebagai berikut :

  1. Mencetak SDM Unggul harus dimulai dari pendidikan tingkat dasar dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, pendidikan harus berkolaborasi, pembelajaran memiliki konteks,
  2. Mencetak SDM Unggul tidak terjadi secara instant, semua sistem pendidikan dan lingkungan harus bergerak secara simultan dan holistik.
  3. Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang dirancang untuk generasi abad 21, tujuannya agar generasi abad 21 mampu mengikuti arus perkembangan teknologi dan siap untuk berkompetisi.
  4. Oleh sebab itu perlu dipersiapkan SDM yang memiliki keterampilan antara lain: kemampuan kreativitas dan inovatif, kemampuan berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah, kemampuan berkomunikasi dengan baik, dan kemampuan berkolaborasi.
  5. Struktur kurikulum tentang Pelajar Pancasila.
  6. Kurikulum kewirausahaan dilaksanakan SD, SMP, SMA, SMK.
  7. One school one product and one person one product.
  8. Kewirausahaan adalah aktivitas membangun usaha untuk menciptakan produk atau jasa baru dengan cara yang kreatif dan inovatif, sehingga produk atau jasa tersebut pun menarik perhatian orang lain. Maka dari itu harus menanamkan jiwa KWU agar dapat menghasilkan produk KWU yang dapat dipelajari secara daring dan luring.
  9. Technopreneur > Export/Mass Production Industrial
  10. Suistanable > Market > Export Retail
\"\"

Acara Rembuk Pendidikan berlangsung dengan lancar dan sukses. Banyak sekali ilmu dan manfaat sharing yang didapatkan dari para narasumber. Kemudian acara diakhiri dengan kegiatan foto bersama.

\"\"
\"\"
\"\"
Scroll to Top