Memperbaiki Mendeley Tidak Aktif Pada Ms. Word

Bapak Ibu para Periset seperti kita ketahui Mendeley adalah aplikasi untuk mengelola referensi dan sitasi yang dibuat oleh Elsevier, dan juga bisa dipasang pada pada Ms. Word (Plug In).  Dengan Medeley pembuatan Daftar Pustaka akan sangat mudah. Namun adakalanya Mendeley yang sudah terpasang pada Ms. Word tiba-tiba tidak aktif, padahal sudah melakukan banyak sitisi dan artikel ilmiah juga masih aktif pada Ms. Worod. Perubahan yang paling terlihat adalah, pada menu Refferences,  tidak muncul Ikon Mendeley tetapi hanya ada tulisan Insert Citation, seperti tampak gambar dibawah.

Untuk mengatasi permasalahan supaya Mendeley bisa terhubung dengan Ms. Word kembali, langkahnya sebagai berikut, pertama-tama silahkan di buka Ms. Word kemudian lakukan setting sebagai berikut :

  1. Klik File
  2. Klik Option
  3. Pilih Add Ins
\"\"
Gambar Window Window Temples and Add-Ins

Begitu klik tombol Go, maka akan tampil seperti tampak pada Gambar Window Add Ins diatas, selanjutnya lakukan 3 perintah sebagai berikut :

  1. Klik Mendeley-1.19.8.dotm (1)
  2. Pada bagian Manage pilih : Word Add-Ins (2)
  3. Klik Go (3)

Selanjutnya akan muncul Window Temples and Add-Ins, seperti tampak gambar dibawah ini. Lakukan dengan memberikan centang dengan klik mouse pada Mendeley-1.19.8.dotm dan akhiri dengan menekan tombol Ok.

Setelah tampil window Templates and Add-Ins, berikan perintah berikut :

  1. Centang Mendeley-1.19.8.dotm dengan Klik
  2. Klik tombol OK

Silahkan klik menu Refference, pada Ms. Word, maka pada Insert Citation sudah muncul Ikon Mandeley

\"\"
Gambar Ikon Mendeley Muncul di Menu Refferences
Scroll to Top