PELATIHAN E-LEARNING PERSIAPAN SEMESTER GASAL 2022/2022

Pembelajaran Semester Gasal Tahun Ajaran 2022/2023 akan segara dimulai. Mengingat perkuliahan sudah dilakukan secara Perkuliahan Tatap Muka, maka resources pembelajaran masih tetap diperlukan sebagai pendamping. Sudah barang tentu  persiapan pelaksanaan manajemen pembelajaran daring segera disiapkan. Pelaksanaan pelatihan selama 3 hari mulai tanggal : 28, 29 dan 30 Juli 2022 dilakukan secara tatap muka (offline) dan online.

\"\"

Prof. Rusjiono Menerangkan Seputar Pembelajaran Taksonomi Bloom

Session 1 : Taksonomi Bloom (Prof. Rusijono)

Dalam pengantarnya Profesor Rusjiono Warek I Bidang Akademik UMAHA. Taksonomi bloom adalah struktur hierarki yang mengidentifikasi keterampilan berpikir mulai dari jenjang yang rendah hingga jenjang yang tinggi. Taksonomi Bloom pertama kali diterbitkan pada tahun 1956 oleh seorang psikolog pendidikan yaitu Benjamin Bloom. Kemudian pada tahun 2021 direvisi oleh Krathwohl dan para ahli aliran kognitivisme. Hasil revisi ini yang kita kenal dengan nama Revisi Taksonomi Bloom. Revisi yang dibuat hanya pada ranah kognitif dengan menggunakan kata kerja.

Taksonomi Bloom dibagi menjadi tiga ranah, yaitu: kognitif, afektif dan psikomotorik. Tiga domain tersebut penting dalam pembelajaran. Namun, domain kognitiif seperti pada penjelasan di atas lebih banyak digunakan.

Taksonomi Bloom versi revisi, jenis pengetahuan dibagi menjadi 4 (empat) yaitu:

  1. Fakta: Informasi yang menunjukkan fenomena dalam pembelajaran
  2. Konseptual: termasuk kategori, struktur, dan teori
  3. Prosedur: bagaimana menggunakan teknik dan metode yang spesifik, dan waktu penggunaannya
  4. Metakognitif: strategi keputusan, pengetahuan-diri, dan “thinking about thinking”

Dari empat jenis pengetahuan, kemudian dibagi menjadi enam tingkat pembelajaran. Pada revisi taksonomi Bloom ini, setiap tingkatan lebih menunjukkan kata kerja aktif untuk menggambarkan apa yang harus dilakukan oleh peserta didik. Tingkatan dalam pengetahuan ini digambarkan dalam bentuk paramida, di mana tingkat dasar digambarkan lebih luas daripada tingkat di atasnya. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak orang yang bertahan pada tingkat pengetahuan yang lebih rendah ini.


Session 2 : Direktur Kurikulum UMAHA dan LPPM

Proses pembelajaran daring atau elearning akan lebih menyenangkan dan akan menarik maka perlu menyertakan  media pembelajaran berupa video. Sambutan Direktur Akademik UMAHA pada Semester Gasal 2022/2023 nanti akan menerapkan pembelajaran secara blanded dengan komposisi tatap muka 60% dan online 40%.

\"\"

Direktur Akademik dan Pembelajaran UMAHA dan Ketura LPPM UMAHA

Disamping
itu juga menyinggung model RPS baru, dengan menekankan bahwa “pentingnya karakter bagi setiap alumni”.
Sehingga setiap Lulusan UMAHA adalah insan yang benar-benar purna dengan
kehandalan keilmuan dan karakter Islami. Untuk mencapai hal-hal tersebut
penekanan pada capaian pembelajaran program studi yang menjadi luaran diantaranya
sebagai berikut :

 

CPL-PRODI yang dibebankan pada MK

  1. CPL1 (S8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  2. CPL2 (P1) Menghubungkan permasalahan/fenomena alam yang terjadi secara sistematis dalam bentuk energi dan sistem tenaga listrik
  3. CPL3 (KU2) Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  4. CPL4 (KK1) Merancang dan secara sistematis dalam bentuk energi dan sistem tenaga listrik

Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK)

  1. CPMK-1 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (CPL1)
  2. CPMK-2 Mampu menganalisis bentuk-bentuk energi dan permasalahanya khususnya energi listrik(CPL2)
  3. CPMK-3 Mampu menganalisis jenis-jenis mesin listrik dan penggunaanya dalam industri (CPL2)
  4. CPMK-4 Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (CPL3)
  5. CPMK-5 Mampu menerapkan berbagai macam teori dan konsep jenis mesin listrik (CPL4)

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-CPMK) Sub-CPMK

  1. Mahasiswa mampu menjelaskan energi beserta permasalahanya. (C2) (CPMK1) Sub-CPMK
  2. Mahasiswa mampu menguraikan perkembangan konversi energi listrik. (C4) (CPMK1) Sub-CPMK
  3. Mahasiswa mampu menguraikan dasar pembangkitan energi listrik. (C4) (CPMK1) Sub-CPMK
  4. Mahasiswa mampu menghitung medan elektromagnet di sekitar aliran arus listrik.(C3) (CPMK2) tentang konsep-konsep dasar limit Sub-CPMK
  5. Mahasiswa mampu menguraikan jenis-jenis mesin Listrik DC. (C4) (CPMK3) Sub-CPMK
  6. Mahasiswa mampu memerinci konsep mesin Listrik AC. (C4) (CPMK5) Sub-CPMK
  7. Mahasiswa mampu mengorganisasikan jenis-jenis transformator. (C4) (CPMK5)

 

Session 3 : Direktur PJJ UMAHA dan Dion Ontoseno, MT.

Pembelajaran Semester Gasal Tahun Ajaran 2021/2022 akan segara dimulai. Sudah barang tentu  persiapan pelaksanaan manajemen pembelajaran daring segera disiapkan. Disamping itu ada PR tambahan terkait Webiometrik. Webiometrik UMAHA yang sudah berada pada 309 tingkat Nasional dan rangking  Dunia ada di 10491. Untuk tingkat Nasional sudah tidak perlu diragukan karena sudah banyak menyalip banyak PTN. Ranking Dunia rupanya yang perlu lebih digiatkan lagi dengan lebih banyak lagi Jurnal Internasional, Riset yang menggandeng Kolega di Luar Negeri. Itu harusnya pekerjaan yang mudah karena UMAHA sudah punya banyak jaringan di tingkat Internasional.

\"\"

Pak Kaprodi S1 Akutansi Lagi Serius Praktek Migrasi Makul Lama

Setelah Perkuliahan Semester Genap berakhir, itu artinya masa dimulainya pelaksanaan Semester Gasal 2021. Mengingat waktu persiapan yang pendek maka pembuatan Manajemen Pembelajaran baru bisa dilaksanakan bulan September 2021. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya sebagai berikut :

Pembuatan Sistem Manajemen Pembelajaran.

Pembuatan Kelas Pembelajaran untuk 500 Matakuliah.

Pembuatan Jadwal (Absensi).

Backup Konten untuk Template Makul.

\"\"

Salam Perpisahan Pelatihan PJJ UMAHA

Tolok ukur keberhasilan pembelajaran seorang Dosen tidak hanya mampu menjadi pengajar di Kampusnya sendiri tetapi gaung materi pembelajarannya bisa dinikmati Mahasiswa di luar Kampus UMAHA. Seperti yang sudah digelorakan Rektor UMAHA One Lecturer One Thousand Students.

  1. Pendampingan Dosen untuk menyiapkan Konten ke SPADA INDONESIA.
    1. Pendampingan Dosen untuk menyiapkan Share Materi ke SPADA INDONESIA.
    2. Pendampingan Dosen untuk menyiapkan Backup Materi ke SPADA INDONESIA.
    3. Pendampingan Dosen untuk melakukan Restore Materi ke SPADA INDONESIA.

Referensi :

  1. https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/160/taksonomi-bloom-model-dalam-merumuskan-tujuan-pembelajarann/

  2. Panduan Elearning Untuk UMAHA : https://e-learning.umaha.ac.id/course/view.php?id=1982

Scroll to Top