Digital Marketing Product Emping Pisang “ INOICHI “  yang digagas oleh program KKN Mahasiswa UMAHA Kelompok 5 Desa Sumberjo

Jombang – Mahasiswa Universitas Ma’arif Hasyim Latif Sidoarjo (UMAHA), yang melaksanakan program KKN-Tematik di Tahun 2022 bertempat di Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, yang terdiri dari beberapa Fakultas di UMAHA Sidoarjo.

\"\"

Didalam, kesempatan itu para Mahasiswa Kelompok 5 Desa Sumberjo melaksanakan Program Kerja Utama yang berbasis IT dan teknologi yakni pelatihan dan juga pendampingan pelaku UMKM yakni product Emping Pisang dengan nama Brand “ INOICHI”, dimana di Era digital yang berkembang begitu cepat ini, proses pemasaran tidak hanya bisa dilakukan melalui kegiatan langsung namun juga bisa dilakukan melalui pemasaran online yakni melalui media social maupun dengan menggunakan Website, atau membuka Toko Online di beberapa Market Place yang telah popular di gunakan oleh masyarakat. Disisi lain, dengan perkembangan Teknologi informasi yang begitu cepat, telah memberikan dampak yang besar didalam industri dan juga proses dalam transaksi, jika sebelumnya proses jual beli haruslah melalui cara berinteraksi langsung antara penjual dan pembeli di Pasar, namun kini hanya melalui Smartphone setiap orang dapat mencari barang yang diperlukan dan tidak perlu lagi harus pergi ke pasar.

Dulu dikenal adanya jual beli itu di Pasar namun di Era digital kegiatan jual beli pun dapat dilakukan dimana saja, oleh karena itu, para pelaku usaha micro kecil menengah (UMKM), dalam melakukan aktifitas Jual beli dapat memanfaatkan smartphone yang mereka miliki untuk memasarkan productnya.

Kehadiran para Mahasiswa UMAHA KKN-T Kelompok 5 Desa Sumberjo disini, mencoba untuk menjawab beberapa kebutuhan dan permasalahan yang ada di para pelaku usaha atau UMKM yang ada di sekitar Dusun Babatan Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, guna untuk membantu dan menampingi pelaku usaha untuk melek teknologi dan juga memanage system berjalannya usaha yang ada di Desa Sumberjo.

\"\"
desain branding oleh mahasiswa KKN UMAHA

Yaitu UMKM yang bernama “INOICHI” yaitu salah satu usaha yang berada di Dusun Babatan RT 04 RW 03 Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, yang bergerak dibidang Makanan Ringan yang memproduksi jajanan kering seperti kripik dan emping dengan bahan baku dasar Pisang, usaha yang didirikan oleh Ibu Supriyatin di Tahun 2006 ini sempat mengalami pasang surut dan juga vacuum dimasa pandemic Covid19 melanda, yang awalnya dapat menjual di beberapa super market bahkan sampai merambah kewilayah Gresik namun karna pandemic akhirnya usaha beliau harus vacum dan melayani pemesanan apabila ada yang memesan dengan system mulut kemulut.

Lebih lanjut, Ibu Supriatin menyampaikan, “ bahwa dulu, sering saya menjual di beberapa super market dan mengambil keuntungannya setiap bulan, setelah habis product namun setelah pandemic saya vacum dan hanya melayani pembelian apabila ada yang memesan,” ujar beliau.

Dengan adanya beberapa permasalahan yang diungkapkan beliau ini, kami Kelompok 5 KKN-T UMAHA Desa Sumberjo untuk membantu dan memberikan pendampingan kepada Ibu Supriatin, untuk membuatkan Website usaha Inoichi, lalu membantu dalam membuat juga Toko Online pada Shopee, Instagram ads juga Facebook ads, dan mebranding usaha dan kemasan agar lebih menarik pembeli dan juga memberikan nilai lebih dalam brand untuk mengangkat nilai jual product.

Dimana diharapkan setelah pendampingan ini, dapat pula memberikan dampak dan juga hasil untuk membantu meningkatkan perekonomian terutama UMKM didaerah Desa Sumberjo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang, untuk semakin maju dan tumbuh juga berkembang lebih pesat. (Sumber: KKN UMAHA Kelompok 5)

Scroll to Top