Lomba HUT RI di Panglungan Ramai Dikunjungi dan Jadi Tontonan, Ketua TPQ, 30 Persen Warga Luar

\"\"

Para pengunjung berantusias tinggi ketika menyaksikan puncak acara perayaan HUT ke-77 RI di Halaman TPQ Sakinah, RT 01 RW 05 , Dsn. Arjosari ,Ds. Panglungan Kecamatan Wonosalam, Jombang, Jawa Timur. Puncak acara itu digelar pada 26-27 Agustus 2022 dengan sederet lomba seperti Balap kelereng, Makan krupuk, Estafet sarung, Cantol kemarang, masuk paku ke botol, Kursi lagu, Kardus bola, Gigit bola, Gigit koin, Joget balon, Estafet tepung, Pukul balon, Nyunggi tempeh, Joget kardus, Joget bola, Estafet sarung, Pindah belut, Kursi lagu, Cantol kemarang, Balap karung, Estafet tepung , hingga lomba Tarik tambang.

Ketua TPQ Herni mengakui bahwa keramaian pengunjung yang hadir di kegiatan itu di luar ekspektasi penyelenggara. \”Antusiasme pengunjung luar biasa, di luar dari prediksi kami. Crowd-nya, euforianya, dari kemarin pagi enggak turun, puji Tuhan, ramai,\” paparnya ketika ditemui di Halaman TPQ, Sabtu (27/8/2022).

Menurut dia, berdasarkan peninjauannya, sebanyak 30 persen pengunjung puncak acara itu berasal dari luar RW 05. Herni menyatakan, berdasar faktor lokasi, puncak acara perayaan itu bahkan juga dikunjungi oleh warga Desa Sumberjo, Jawa Timur. Untuk diketahui, Desa Panglungan hanya berjarak sekitar 5 – 6 kilometer dari Desa Sumberjo.

\”Ini pengunjung 30 persen dari luar RW05. Dari Sumberjo banyak juga yang datang,\” sebutnya. Menurut dia, ramainya acara itu didukung oleh efek media sosial.

Ketika penyelenggara mengumumkan adanya puncak acara tersebut melalui media sosial, netizen langsung menyambutnya dengan positif. \”Saat kami lempar ke media sosial, antusiasme dari pada netizen itu tinggi,\” ungkap Herni. Herni sebelumnya berujar, puncak acara HUT ke-77 RI di wilayahnya digelar sejak Jum’at Siang.

\”Hari ini dimulai jam 13.30 WIB, kami mulai dengan lomba Balap kelereng antar-RT (di RW05),\” katanya. Ia menyatakan, ada sembilan grup yang terdiri dari delapan RT di RW05 yang mengikuti lomba tersebut. Partisipan lomba diperkirakan sekitar 50 orang.

Perangkat RW05 lalu memberikan hadiah kepada pemenang lomba yang mengikuti lomba Tarik tambang. Aspek yang dilombakan dalam Tarik tambang  itu adalah kekompakan, kemeriahan, dan lainnya.

Jurinya berasal dari Guru TPQ Sakinah, dan lainnya. \”Setelah Tarik tambang yang begitu meriah, ada tiga pemenang  (tiga RT) yang diambil. Hadiahnya (untuk pemenang) sudah diserahkan,\” ujar Herni. Usai menggelar Tarik tambang, perangkat RW04 lalu menggelar lomba Panjat pinang.

Scroll to Top