FESTIVAL SHOLAWAT AL BANJARI SE-JAWA TIMUR YANG DISELENGGARAKAN OLEH UKKI UMAHA

\"\"
Peserta Sholawat Al Banjari

Dalam rangka rangkaian satu Dekade Disnatalis Universitas Maarif Hasyim Latif atau Umaha Sidoarjo, Unit Kegiatan Kerohanian Islam (UKKI) Umaha menggelar Festifal Sholawat Al Banjari tingkat umum se-Provinsi Jawa Timur. Festifal ini diikuti oleh oleh 37 peserta dari berbagai kota di jawa timur yang digelar di gedung Graha Anugrah Gusti Umaha Sidoarjo pada hari minggu 6 Agustus 2023.

Acara dibuka oleh wakil Rektor IV DR. Asri Wijayanti tepat pukul 13.00 WIB, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa “ acara ini adalah wujud dari pelestarian budaya islam, sholawat Al Banjari ini juga masih merupakan kegiatan yang berhaluan Ahlusunnah Wal Jamaah, untuk itu diharapakan bagi para generasi muda untuk bisa tetap berkegiatan positif dan meninggalkan kegiatan negatif dengan mengikuti kegiatan Sholawat Al Banjari ini ”.

\"\"
Perforrmance salah satu peserta

Sementara itu pembina UKKI dan sekaligus Direktur Kemahasiswaan Umaha M. Syarif Hidayatullah M.pdi, menjelaskan ada beberapa aturan yang harus dilaksanakan oleh para peserta, diantaranya adalah satu grup terdiri dari maksimal 10 orang,  dengan membawakan dua lagu sholawat berbahasa arab dan satu lagu jingle dengan durasi waktu 12 menit.

“untuk kriteria penilaian vokal 40 poin, nilai musik dan variasi 30 poin dan nilai syair dan performance 30 poin. Selain itu, 37 grup yang mengikuti Fesban ini akan memperebutkan 5 gelar juara dan memperoleh hadiah berupa trophy, sertifikat dan uang tunai,\” ujarnya. 

Ada tiga dewan juri dalam Festifal sholawat Al Banjari ini, yaitu ustad Nadif  (vokal) dari Jombang, ustad Alfan Anshori (musik) dari sidoarjo dan ustad Syarif Hidayatullah (adab) dari sidoarjo.

Hasil pun diperoleh. Juara 1 diraih oleh grup Nidaus Shoba (Gresik), juara 2 grup Al Liwa’ (Pasuruan) dan juara 3 diarih oleh grop Al Barokah (Pasuruan). Sementara itu juara harapan 1 diraih oleh grup Secangkir Sholawat (Sidoarjo), sedangkan untuk juara harapan 2 diraih oleh grup Kecubung (Mojokerto).

Untuk diketahui bersama bahwa Festifal sholawat Al Banjari ini adalah salah satu rangkaina dari beberapa kegiatan dalam rangka satu Dekade Disnatalis Umaha Sidoarjo, ada acara dan kegiatan apalagi di Umaha untuk berikutnya?.. so tetap setia kunjungi web ini ya ?…(Humas-Umaha).

Scroll to Top