SISTEM PENJAMINAN  MUTU INTERNAL UMAHA MENGADAKAN WORKSHOP BERSAMA LLDIKTI WILAYAH VII JAWA TIMUR

\"\"
Rektor Umaha dan Narasumber

Perguruan tinggi adalah lembaga pendidikan tinggi dimana sebagai salah satu jenjang pendidikan yang diamanahkan oleh konstitusi dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Semua lembaga termasuk diantaranya lembaga Pendidikan tinggi harus dikelola dan diatur dengan sebaik mungkin dan harus menghadirkan Pendidikan yang berkualitas dan bermutu. tidak bisa dipungkiri jika sebuah Perguruan Tinggi mampu menghadirkan Pendidikan yang bermutu, maka akan menghasilkan lulusan dan SDM yang bermutu pula.

Guna mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan bermutu, Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo atau Umaha menggelar workshop Sistem Penjamin Mutu Internal dengan menghadirkan beberapa narasumber dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VII Jawa Timur pada hari Rabu, 9 Agustus 2023. Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber dari LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur diantaranya adalah Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur dr. Ivan Rovian, M. Kp., sebagai Keynote Speaker.

Sementara narasumber yang lainnya adalah Koordinator Pokja Sertifikasi dan Mutu Pendidik LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur Muhammad Mahmud S.Kom., Mkom. Dan Vita Oktaviyanti S.Si selaku pengolah data LLDIKTI Wilayah VII Jawa timur.

Acara diawali dengan sambutan dari Rektor Umaha dr. Hidayatullah Sp.N dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur dr. Ivan Rovian, M. Kp., sebagai Keynote Speaker. Dalam sambutannya dr. Ivan memaparkan pengetahuan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang auditor mutu internal dalam sebuah Perguruan Tinggi. Beliau juga dengan senang hati menawarkan bantuan kemudahan kepada auditor Umaha apabila menemui kesulitan dalam hal menjalankan kegiatan Penjaminan Mutu Internal.

Sementara itu, Rektor Umaha dr. Hidayatullah Sp.N menjelaskan, “ acara ini bertujuan untuk menguatkan kembali penyelenggaraan kegiatan Penjaminan Mutu Internal di Umaha. Selain untuk menambah pengetahuan auditor mutu yang berkualitas dalam pengujian yang sistematik, mandiri, dan terdokumentasi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di Umaha sesuai prosedur dan hasilnya sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi “.

Selepas acara sambutan, narasumber dan tim memaparkan materi-materi terkait pengetahuan yang wajib dimiliki seorang Auditor Mutu Internal. Koordinator Pokja Sertifikasi dan Mutu Pendidik LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur Muhammad Mahmud S.Kom., Mkom menjelaskan kepada para peserta workshop \” Sistem Penjaminan Mutu Internal  di Perguruan Tinggi sering gagal karena dianggap sebagai rutinitas administrasi, padahal pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Internal  adalah salah satu pintu masuk untuk menjadi kampus bermutu. Inti dari pada Sistem Penjaminan Mutu Internal  itu sendiri adalah adanya budaya kerja, kemajuan tekhnologi informasi, dan etos kerja yang tinggi \”.

 Acara workshop yang berdurasi 4 jam ini berjalan tanpa hambatan suatu apapun dan diikuti oleh seluruh dosen tetap Umaha yang berjumlah 96 dosen, acara diakhiri dengan foto bersama. (Humas-Umaha)

Scroll to Top