IMPLEMENTASI MBKM DOSEN BERKEGIATAN DI INDUSTRI

\"\"

Melalui kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), tak hanya mahasiswa yang bisa berkegiatan di luar prodi maupun luar kampus. Dosen pun memiliki kesempatan yang sama melalui Program Dosen Berkegiatan di Industri.

Dalam MBKM, dosen yang bisa melaksanakan kegiatan di lingkungan industri dianggap sudah memenuhi salah satu IKU atau Indikator Kinerja Utama.

Program Dosen Berkegiatan di Industri adalah program penugasan dosen bidang ilmu tertentu di suatu perguruan tinggi di lingkungan Kemendikbud Ristek untuk melakukan kegiatan sesuai bidang ilmunya di industri yang dipilih dalam jangka waktu tertentu.

\"\"

Seperti yang telah dilakukan oleh Warek IV Umaha bidang SDM, Humas dan Kerjasama, Dr. Asri Wijayanti SH., MH., CPM. beliau pada hari Rabu 13 September 2023 telah menjadi Pemateri diacara Kegiatan Pembekalan kepada Tim Draf dan Tim Teknis Perjanjian Kerja Bersama oleh Serikat Karyawan Petrokimia Gresik. Bertempat di Gedung Graha sarana lantai 2 Petrokimia Gresik.
Dengan berbekal Ilmu dan keahliannya dibidang Ketenagakerjaan yang dimilikinya, Bu Asri sapaan akrabnya memberikan materi dan edukasi tentang tata cara penyusunan Perjanjian Kerja Bersama dan bagaimana teknik perundingan Perjanjian Kerja Bersama di acara tersebut.
hadir sebagai pemateri tersebut tidak hanya menghadirkan pakar ketenagakerjaan dari Universitas Maarif Hasyim Latif atau Umaha saja, namun juga hadir pemateri dari Dinas Tenaga Kerja Gresik. para peserta mengikuti acara ini dengan antusias, dan berbagai pertanyaan banyak dilontarkan oleh peserta kepada pemateri di sesi tanya jawab.

Menurut bu Asri, Program Dosen Berkegiatan di Industri ini bertujuan agar dosen terlibat langsung dalam implentasi disiplin ilmu yang ditekuni dalam dunia industri, meningkatkan pengalaman dosen dalam pemecahan masalah-masalah nyata yang ada di dunia industri sesuai dengan disiplin keilmuannya, juga meningkatkan kualitas pembelajaran dan bahan ajar mata kuliah tertentu, dan meningkatkan kompetensi dosen dalam membangun jejaring kerja sama, serta meningkatkan jumlah dan kualitas kemitraan perguruan tinggi dengan industri. Dunia industri yang dimaksud dalam program ini adalah industri dalam pengertian yang luas, tidak terbatas hanya pada industri manufaktur saja. Pungkasnya. (Humas-Umaha)

Scroll to Top