GELAR KULIAH UMUM, UMAHA MENGHADIRKAN PROFESOR DARI JERMAN

\"\"

Universitas Maarif hasyim Latif Sidoarjo menggelar Kuliah Umum dengan mendatangkan pembicara dari Universitat der Bundeswehr Munchen, Jerman yakni Prof. Stefan Koos. Kegiatan Kuliah Umum dilasanakan di Gedung Rektorat Lantai 1 Umaha Sidoarjo Kamis 5 Oktober 2023. Kuliah umum ini mengambil tema Generative AI and Intellectual Property Right.

Dalam sambutannya, Wakil rektor IV Dr. Asri Wijayanti menyampaikan rasa terima kasih kepada Prof. Stefan Koos yang sudah hadir di Umaha, dengan kedatangan Prof. Stefan ke Umaha diharapkan dapat membuka dan mengembangkan wawasan keilmuan bagi mahasiswa.

Pada kuliah umum Prof. Stefan fokus membahas hak-hak kekayaan Intelektual dan Hak Cipta. Bagaimana hak kekayaan intelektual dan hak cipta di Indonesia masih diaggap lemah. Beliau mencontohkan banyak budaya dan hasil produk di Indonesia yang diakui oleh negara lain. Adapun budaya itu antara lain Wayang kulit, Angklung, Batik, Masakan Rendang dan lain lain. Dalam Candaannya, Prof Stefan juga bertanya tanya mengapa Tuyul dan Mbak Yul tidak diklaim oleh negara lain?..

Sementara itu, Prof. Stefan juga fokus membahas terkait hubungan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dengan pengaturan dalam hukum. Ia mengungkapkan bahwa AI memiliki efek positif dan negatif terhadap hukum.

\”Hukum dapat saja kehilangan kepercayaan dengan adanya AI, karena AI dapat memberikan kepatian yang lebih terutama terkait dalam bidang hukum kontrak, Akan tetapi perlu diingat bahwa AI merupakan buatan manusia yang bisa saja salah. kita tidak boleh mempercayai AI seratus persen”, pungkasnya.
dalam paparannya Prof Stefan membahas mengenai peran AI dalam Hukum Internasional, Ia juga mengatakan bahwa sulit untuk menetapkan tanggung jawab atas kejahatan perang setelah penyebaran AI di militer.

\"\"

Dalam paparannya juga membahas mengenai peran AI dalam Hukum Internasional, Ia mengatakan bahwa sulit untuk menetapkan tanggung jawab atas kejahatan perang setelah penyebaran AI di militer. Prof. Stefan menjelaskan jika penggunaan AI seperti robot-robot pembunuh dilarang dalam hukum internasional.

Dalam acara ini juga dilakukan penandatangan MoU antara Umaha dengan Prof Stefan Koos. MoU ini berisikan kerjasama akademik antara Umaha dengan Prof. Stefan Koos. Seperti kerjasama di bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian yang dimana itu semua searah dengan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Acara berlangsung dari pukul 09.15 dan berakhir pukul 11.30 WIB, ditutup dengan sesi foto bersama. (Humas-Umaha)

Scroll to Top