MAHASISWA UMAHA JUARAI KOMPETISI ESAI 2023

\"\"

Seperti slogan Kampusnya, \” Umaha Kampusnya sang Jawara\”. Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh sang jawara – jawara (mahasiswa) Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo. Kali ini giliran Fakultas Hukum yang meraih Juara Harapan 3 lomba Esai Nasional Manifest Law Festival 2023. Delegasi yang berhasil menyabet gelar Juara Harapan 3 itu adalah Anisa Izzah Alfandi dan Irma Nafa Nabila.

Irma menjelaskan bahwa Essay Competition ini merupakan lomba esai tingkat nasional yang diselenggarakan oleh LPM Manifest Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Lomba yang dilaksanakan pada 15 sampai dengan 21 Oktober 2023 tersebut, ujar Irma, mengusung tema “Tantangan dan Perbaikan Penegakan Hukum Tindak Pidana Narkotika di Indonesia ”.

\”Topik yang kami angkat pada esai kami, yaitu ‘ Harmonisasi Peraturan Restorative Justice Terkait Tindak Pidana Narkotika Pada Anak’,” tutur Irma.

\"\"

Anisa juga bercerita persiapan yang mereka lakukan dalam perlombaan itu cukup singkat yaitu 2 minggu. Ia sempat merasa kesulitan karena lomba esai nasional tersebut kali pertama bagi dirinya. Anisa menambahkan, ada banyak aspek yang harus mereka pertimbangkan saat menyusun esai, mulai membuat konsep hingga realisasi dari ide tersebut. Mereka tidak menyangka bisa menjadi Juara karena yang mendominasi pemenang adalah Perguruan Tinggi Negeri semuanya.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Umaha Fajar Rahmad Dwi Miarsa SH., MH. berpesan untuk jangan pernah merasa puas dengan apa yang didapatkan agar dapat terus berkembang menjadi lebih baik. Beliaupun juga memberikan tips untuk selalu menguasai materi esai yang diangkat, belajar menulis diksi esai yang mudah dipahami, serta belajar membuat Power Point semenarik mungkin. Jangan lupa juga untuk yakin dengan kemampuan sendiri, berusaha sebaik mungkin, dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa,” pungkas pak Dekan.

Untuk diketahui bersama, Proses registrasi pada kompetisi Esai tersebut diselenggarakan pada 22 Sept – 2 Okt 2023. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman peserta yang lolos ke final pada 9 Oktober dan selanjutnya dilaksanakan Technical Meeting pada 15 Oktober dan dilanjut dengan Acara Final Presentasi Kompetisi 21 Oktober, sedangkan untuk pengumuman Juara Esai 24 Oktober 2023.
Congrat tuk Jawara-Jawara Umaha ya !… (Humas-Umaha)

Scroll to Top