UMAHA KEBAKARAN

Dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) yang jatuh pada tanggal 26 April 2024, Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo melaksanakan sosialisasi, edukasi, dan simulasi penanggulangan risiko bencana. Simulasi ini dilaksanakan tepat pada tanggal 26 April 2024 di Lingkungan Umaha.

Berkolaborasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Sidoarjo, serta melibatkan ratusan civitas academica umaha, simulasi ini dimulai pukul 13:30 WIB hingga pukul 16:30 WIB. Diawali dengan acara pengarahan dan edukasi di ruang audotorium gedung C lantai 2 oleh petugas Damkar, namun sebelumnya sambutan dari Rektor Umaha dr. Hidayatulaah Sp.N yang diwakili oleh wakil rektor I Bapak M. Anshori ST., MT dan pemaparan materi tentang kesiapsiagaan terhadap bencana dari pihak Damkar yang disampaikan oleh Komandan Regu Damkar Bapak Sofyan pandu Maulana.

Rektor Umaha dr. Hidayatullaah Sp.N menjelaskan jika acara ini memang diadakan bertepatan dengan Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional tanggal 26 April 2024 dan sengaja digelar untuk memberikan edukasi kepada internal Umaha maupun masyarakat luas untuk selalu siap siaga terhadap bencana. Beliaupun berkeinginan untuk melakukan simulasi ini tiap tahun. Meskipun beliau berharap semoga tidak ada bencana dikemudian hari.

Sementara itu untuk simulasi, diisi untuk bencana Kebakaran. Hal ini dilakukan mengingat Umaha memiliki gedung bertingkat dan berlokasi di kawasan padat penduduk. Simulasi terdiri atas tindakan awal jika terjadi kebakaran, proses evakuasi, dan penyelamatan. Komandan Pleton Damkar Kabupaten Sidoarjo Widi Agus Setyawan yang turut hadir menyampaikan bahwa Umaha ini adalah salah satu kampus yang luar biasa dan tanggap terhadap bencana, karena tidak semua kampus peduli dan mengadakan simulasi seperti ini . Menurutnya, pelaksanaan kegiatan ini mendapat respon yang sangat baik dari para peserta yang terdiri atas mahasiswa, dosen, pegawai dan security di lingkungan Umaha.

Simulasipun ditutup dengan Rektor Umaha memeragakan pemadaman api menggunakan Alat Pemadam Api Ringan Serbuk dihadapan para civitas academica yang berkumpul mengikuti simulasi tersebut. (Humas Umaha)

Scroll to Top