KIAT SUKSES MEMULAI DAN MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA PANDEMI

Mendapatkan keuntungan merupakan salah satu tujuan atau keinginan utama bagi siapapun yang ingin memulai bisnis. Melihat perkembangan dunia di tengah masa pandemi, ketertarikan orang untuk memulai bisnisnya secara mandiri mulai banyak bermunculan. Keputusan untuk berbisnis kerap dipilih sebagai alternatif untuk dapat berkarier secara fleksibel dan dinamis. Dalam merancang bisnis menguntungkan, apalagi di masa pandemi seperti saat ini, yang perlu disadari adalah menjalankan sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Tantangan yang hadir dalam menjalankan bisnis kerap kali membuat gentar. Namun, seperti pepatah “banyak jalan menuju roma”, tentu ada cara yang bisa dilakukan dalam menjalankan bisnis agar terus bisa bertahan dan sukses. Pertanyaannya adalah bagaimana kiat supaya sukses memulai bisnis supaya menguntungkan dan bagaimana kiat supaya bisnis kita bisa bertahan ?.  Berikut akan dipaparkan beberapa kiat memulai dan mempertahamkan bisnis supaya sukses.

 

\"\"

PEMBAHASAN

Merancang bisnis yang menguntungkan di tengah pandemic memerlukan pemikiran dan perancanaan yang matang. Berikut adalah langkah awal yang dibutuhkan untuk merancang bisnis menguntungkan.

  1. Bentuk pola pikir bisnis di dalam kepala

Memiliki pola pikir yang tepat akan membantu  dalam menjalankan bisnis. Dengan pola pikir bisnis,  akan mulai terbiasa peka terhadap kesempatan dan mempertimbangkan antara untung dan rugi dari bisnis yang akan  mulai. Selain pola pikir, hal yang akan membantu  untuk tetap menjalankan bisnis secara maksimal adalah niat. Niat yang kuat serta dukungan dari orang-orang terdekat bisa memberi  sedikit tambahan energi untuk selalu berusaha yang terbaik. Namun selalu ingat, dalam bisnis menguntungkan pasti ada risiko yang senantiasa menunggu.

  1. Fokus dengan satu bisnis di awal

Agar tetap aman dalam menjalankan bisnis menguntungkan secara stabil, di awal-awal sebaiknya  fokus dengan satu bisnis saja. Dengan fokus di satu bisnis,  akan lebih mudah memantau dan memahami mengenai perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Apalagi jika  baru memulainya di usia muda, pengalaman dan ilmu dari sebuah bisnis awal akan jadi bekal untuk memulai bisnis menguntungkan lainnya.

  1. Jalankan bisnis sesuai dengan apa yang disukai

Untuk memulai bisnis menguntungkan sesuai dengan keinginan,  bisa memilih untuk menjalankan bisnis dengan bidang yang  disukai. Fokus dengan menjalankan bisnis sesuai dengan bidang yang  disukai akan menambah semangat dalam aktivitas bisnis yang  lakukan. Faktor kesukaan akan merasa lebih leluasa untuk melakukan eksplorasi terhadap bisnis yang  jalani untuk memaksimalkan potensinya jadi bisnis menguntungkan.

  1. Lakukan riset

Setelah membangun pola pikir dan menentukan bisnis menguntungkan apa yang akan  dijalani nantinya,  perlu melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang  dilakukan akan dapat membawa insights penting dalam pengembangan bisnis yang  dijalani. Dengan melakukan riset demi bisnis menguntungkan akan mengetahui tentang potensi kompetitor . Setelah mendalami pemahaman terkait riset bisnis yang dilakukan akan dapat membuat strategi yang optimal untuk bisnis menguntungkan  nantinya.

  1. Manfaatkan media sosial

Di era yang serba digital seperti saat ini, peran media sosial akan memberikan dampak positif yang cukup besar dalam mengembangkan bisnis menguntungkan yang  miliki. Maksimalkan penggunaan media sosial sebagai salah satu senjata untuk promosi bisnis . Target yang tepat sasaran merupakan salah satu keuntungan yang bisa  dapatkan dari menggunakan media sosial untuk mengembangkan bisnis . Selain itu, media sosial juga bisa  fungsikan sebagai galeri, portofolio, atau milestone agar para pelanggan bisa

mengenal bisnis  lebih dekat. Faktor kedekatan jadi poin penting agar apa yang sedang  jalankan bisa jadi bisnis menguntungkan dan sukses

  1. Terbuka dengan kritik dan saran

Dalam menjalankan bisnis, kehadiran kritik dan saran bisa jadi faktor yang menguntungkan. Dengan terbuka terhadap kritik dan saran dari pelanggan,  akan lebih mudah mengetahui tentang kekurangan dan kelebihan atas bisnis yang  jalani. Keterbukaan ini juga akan membuat  mudah melakukan adaptasi jika sewaktu-waktu iklim bisnis yang sedang  geluti berubah secara drastis. Namun perlu diingat, tidak semua kritik dan saran bisa  diaplikasikan terhadap bisnis yang  dijalani. Pilih dan tentukan dengan cermat hal apa saja yang sesuai dengan jenis bisnis , agar usaha  bisa jadi bisnis menguntungkan dan sukses.

  1. Kelola uang secara bijak

Setiap bisnis yang dijalani, besar atau kecil skalanya tentu akan membutuhkan pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu, agar bisnis menguntungkan  tetap jalan dan bisa bertahan, pengelolaan uang jadi faktor penting.  Harus memahami aspek-aspek apa saja yang bisa  tekan pengeluarannya atau sektor apa saja yang bisa memaksimalkan pendapatan bisnis . Namun, jika  merasa sulit untuk mengelola uang,  bisa berikan tanggung jawab ini kepada orang yang sangat  percaya. Meskipun begitu,  pun harus tetap aktif mengetahui perputaran uang yang datang dari pergerakan bisnis . Sediakan juga tabungan khusus agar memisahkan uang pribadi  dan uang kebutuhan bisnis .

Demikian beberapa kiat memulai bisnis agar sukses memdapatkan keuntungan. Pada saat kita melakukan bisnis tentu pernah mengalami masa-masa sulit. Masa-masa sulit bisa berkaitan dengan permasalahan keuangan bisnis, penipuan, musibah bencana alam, atau sejenisnya. Dan sekarang ini, masa sulit yang sedang dihadapi banyak pelaku bisnis adalah pandemi corona. Masa sulit itu sendiri biasa dilihat dengan terjadinya penurunan penjualan, menurunnya produktivitas, hingga terkadang sampai mengalami kebangkrutan. Bagi  yang sudah atau sedang mengalaminya, tentu hal itu bisa menjadi pengalaman paling berharga yang tidak ternilai dengan uang. Tapi bagaimana cara agar bisnis  tetap bisa bertahan? Berikut Investree punya beberapa kiat yang bisa diterapkan saat bisnis  sedang mengalami masa-masa tersulit.

\"\"

  1. Jangan menunda, segeralah bertindak

Keadaan akan semakin parah bila  hanya diam saja dan tidak melakukan apa-apa. Setiap kali  melihat bencana di depan mata, satu-satunya hal yang harus  lakukan adalah mengambil suatu tindakan. Sesulit apapun kondisinya,  tetap harus meningkatkan perkembangan bisnis dan melewati masa-masa sulit tersebut. Cari dan peroleh kembali berbagai proyek, klien, hingga pelanggan baru yang mungkin bisa didapat dengan lebih mudah dari perkiraan . Itu juga akan membuat  merasa lebih baik dan dapat kembali menyemati .

  1. Selalu utamakan fakta

Di tengah masa sulit, sangat mudah untuk menjadi panik hingga sering membuat  terlalu khawatir bahkan mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu akan terjadi. Sehingga penting untuk menjaga pola pikir  tetap positif dan berpegang pada fakta. Dapatkan semua informasi dan fakta-fakta yang berkaitan dengan kondisi yang sedang terjadi. Jangan mudah termanipulasi oleh berita bohong yang bisa membuat  semakin terpuruk dan mengesampingkan realitas yang sebenarnya. Dengan begitu, bisnis yang  jalankan tetap bisa bertahan hingga masalah selesai.

  1. Perkuat hubungan dengan pelanggan

Ironisnya, di masa tersulit banyak bisnis yang justru berhenti melayani pelanggan setia mereka. Kondisi yang sulit seringkali mematahkan semangat  hingga pada gilirannya mempengaruhi layanan pelanggan. Menjauhkan bisnis dari para pelanggan hanya membuat  semakin banyak kehilangan pelanggan dan tentu hanya akan memperburuk keadaan.  tetap harus menjaga komunikasi dengan para pelanggan, melibatkan mereka, serta mencari tahu apa yang mereka inginkan dari bisnis . Buat semuanya menjadi jelas tentang apa yang dibutuhkan oleh pelanggan  dan penuhi kebutuhan tersebut untuk membantu  bisa tetap bertahan.

  1. Bangun relasi sebanyak mungkin

Relasi yang banyak dibutuhkan agar dapat membantu  di saat bisnis sedang mengalami masalah. Atau, bahkan relasi bisa bantu memecahkan permasalahan yang mungkin sedang dialami bersama. Bila tidak,  bisa mengambil pelajaran seputar cara mereka menyikapi masalah dan menerapkannya pada bisnis . Semakin banyak relasi, semakin banyak pihak yang percaya dengan keberadaan bisnis , ini tentu akan mendatangkan lebih banyak keuntungan. Bisnis  dengan mudah akan direkomendasikan oleh salah satu relasi (dari mulut ke mulut), yang kemudian menjadi sarana promosi efektif tidak berbayar.

  1. Hindari pusaran negative

Meski mencari relasi itu penting, tapi jangan sampai terjebak di lingkungan yang salah atau bahkan merugikan . Seperti ungkapan \’apabila berteman dengan penjual minyak wangi, maka  akan ikutan wangi\’. Itu menunjukkan bahwa lingkungan yang positif akan mempengaruhi  untuk bersikap positif juga, memberi dampak dukungan yang bermanfaat bagi . Lebih baik hindari risiko negatif dengan tetap berada di tengah orang-orang yang dapat memberi dukungan. Temukan relasi yang punya semangat dan energi positif untuk membangun bisnisnya jadi lebih baik. Jangan biarkan diri  terjebak dalam pusaran negative.

  1. Mencoba ide baru

Jangan terus lakukan hal yang sama jika tidak berhasil setelah coba melakukannya. Coba pilih sesuatu yang berbeda, temukan ide baru yang bisa membuat  tidak melakukan hal yang sama lagi hingga akhir. Bersiaplah untuk melakukan hal-hal baru di luar zona nyaman . Ini waktu yang tepat untuk berinvestasi pada diri  sendiri dengan mempelajari berbagai keterampilan baru melalui seminar, buku, pelatihan online, hingga bimbingan dan pembinaan. Atau, bisa berinvestasi pada bisnis  dengan memperbarui strategi pemasaran, memunculkan citra baru, memperbarui situs web, melatih staf sebuah kemampuan baru, hingga berinvestasi pada teknologi terkini yang dapat membuat bisnis  tampak lebih mengesankan dari sebelumnya.

  1. Mencari bantuan jika perlu

Jika  punya sosok guru atau seseorang yang  kagumi dan hormati, yang sebelumnya telah melalui tantangan yang sama, mengapa tidak memintanya untuk membantu . Jujurlah kepada mereka soal situasi sulit yang sedang  hadapi, seburuk apa masalahnya dan jangan malu untuk meminta bantuan. Mungkin mereka tidak benar-benar bisa langsung menyelesaikan masalah yang  hadapi, tapi setidaknya dengan mengajak mereka bicara dan saling bertukar pikiran akan membantu  untuk bangkit kembali. Hal penting lainnya adalah mau belajar dari pengalaman, jangan sampai masa yang sulit ini terulang kembali di masa depan.

PENUTUP

Menghadapi kondisi apapun kita harus betul-betul cermat dalam merencenakan segala sesuatunya dalam memulai bisnis. Jika bisnis kita sudah berjalan tentu dihadapkan dengan masa-masa sulit, ini pun membutuhkan suatu pemikiran dan strategi yang jitu agar bisnis kita bertahan. Di bagian pembahasan telah dipaparkan beberapa kiat yang dapat dipergunakan dalam memulai suatu bisnis agar menguntungkan dan kiat bagaimana cara mempertahankannya.

Referensi :

Andrew Griffiths. 28 Juli 2015. 11 Ways to Get Through Any Tough Time in Business. Inc.com

Tira Santia. 12 Februari 2020. Perhatikan 5 Hal Penting agar Bisnis Lebih Kompetitif. Liputan6.com

Penulis : Nuning Nurna Dewi

Scroll to Top