Mahasiswa Kelompok 39 Gandeng Mitra “Krupuk Bawang 6 Saudara” dalam Program KKNT-KWU UMAHA 2021

Penulis : Rizky Dwi Nurfaizi

Kelompok 39

Ketua : Nov Rizal Nor Happy Muslim – Prodi D-III Analis Kesehatan

Wakil Ketua : Rizky Dwi Nurfaizi – Prodi D-III Analis Kesehatan

Sekretaris : Riska Yuliyanti – Prodi S1 Manajemen

Bendahara : Eka Nur Safitri – Prodi S1 Manajemen

Devisi Humas : Arif Ardiyanto – Prodi S1 Manajemen

Devisi Kajian Ilmiah : Novita Karel Damayanti – Prodi D-III Analis Kesehatan

Devisi Higienitas Produk : Nova Roni Saputri – Prodi D-III Analis Kesehatan

Devisi Legalitas Usaha : Sendy Nur Syadillah– Prodi S1 Manajemen

Devisi Pemasaran Produk : Rinda Hesti Kurniansah – Prodi S1 Manajemen

Minggu (26/09/2021), Mahasiswa Kelompok 39 KKNT-KWU UMAHA 2021 berkolaborasi dengan mitra UMKM “Krupuk Bawang 6 Saudara” yang beralamat di Ds. Jenek Wetan Rt.13 Rw.03 Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo. Kita melakukan survey untuk Kuliah Kerja Nyata Tematik yang tujuan nya akan dilakukan analisa permasalahan beberapa aspek dari mitra seperti aspek produksi, manajemen, dan pemasaran yang dibimbing langsung oleh Bapak Dr. M. Zamroni, SH., M.Hum. selaku dosen kelompok pembimbing kami.

\"\"

Nama usaha                 : Krupuk Bawang 6 Saudara

Badan usaha                : Home Industri

Bidang/jenis usaha      : Makanan

Alamat usaha              : Ds. Jenek Wetan Rt.13 Rw.03 Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo

Tahun berdiri               : 1992

Nama pemilik              : Mujiono  

Produk usaha              : Kerupuk

Jumlah tenaga kerja     : 15

Pemasaran                   : Melalui Sales

Nomor telepon            : 088217250611

NIB                            : Tidak ada

Sertifikat  halal           : Tidak Ada

Omset per bulan         : ± Rp 5.000.000

Profit per bulan           : ± Rp 2.000.000

Produk yang kami angkat di sini merupakan usaha perseorangan yang dijalankan atau yang diproduksi sendiri dari cara meracik takaran bahan, packing, hingga pemasaran. UMKM ini memproduksi makanan ringan atau camilan “Krupuk Bawang 6 Saudara”. Krupuk Bawang 6 Saudara adalah makanan ringan yang diolah dari tepung terigu, tepung beras, bawang putih, garam, tepung tapioka, penyedap rasa, dan kemiri. Krupuk bawang 6 saudara ini memiliki 3 varian dalam kemasan produk. Setiap varian pengemasan memiliki akumulasi harga yang berbeda, dimulai dari harga Rp. 1.500 – Rp. 5.000. Krupuk Bawang 6 saudara merupakan bisnis keluarga yang berdiri sejak 1992 yang didirikan oleh Bapak Mujiono. Setelah kami analisa dari permasalahan UMKM ini terdapat beberapa aspek yang dapat kami bantu agar produksi dan manajemen nya berjalan sistematis. Contohnya dari aspek pemasaran hanya dilakukan dengan menitipkan ke sales  dan hanya menerima pesanan saja. Untuk itu kami akan membantu UMKM ini memasarkan lewat sosial media seperti marketplace. Dari aspek keuangan akan kami buatkan laporan keungan sederhana dengan aplikasi buku kas dan pembukuan menggunakan buku besar. Selain itu, kami juga akan mendaftarkan UMKM ini untuk mendapatkan sertifikat NIB dan halal. Dan tidak lupa dalam aspek higienitas produk, kita mengadakan sedikit penyuluhan kepada tiap SDM di lingkungan UMKM agar makanan lebih higienis dan sehat.

UMKM ini yang nantinya akan kami bantu untuk meningkatkan usahanya demi mewujudkan inovasi pemikiran digital marketing. Kami berharap dapat meningkatkan omset penjualan dari segi internal dan eksternal UMKM KKNT-K.

Scroll to Top