PENTINGNYA PENDIDIKAN KELUARGA DI DESA SUMBERJO KECAMATAN WONOSALAM KABUPATEN JOMBANG

Mahasiswa Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tahun 2022 di Desa Sumberjo, Wonosalam, Jombang anggap penting pendidikan keluarga untuk warga setempat.

Sebagai program kerja pendukung dari Mahasiswa KKN-T UMAHA Kelompok Sumberjo 4 dengan mengangkat tema “Pentingnya Peran Keluarga Untuk Membentuk Kepribadian Anak di Era Digital “.

Putri selaku ketua kelompok mengatakan bahwa melakukan kegiatan edukasi ini merupakan program yang dibutuhkan masyarakat “Tanpa disadari bahwa sekarang kita semua sudah memasuki era di mana semua bisa kita lakukan dengan mudah dan cepat atau orang sering menyebutnya era serba digital, oleh karena kita kami memilih tema tersebut untuk dijadikan seminar dan diskusi santai karena dirasa sangat penting melihat local wisdom desa sumberjo yang mayoritas penduduknya adalah anak-anak”, Ujarnya.

Pembentukan kepribadian anak berawal dari peran orang tua dalam keluarga, sehingga keluarga merupakan tempat awal pendidikan dasar dan utama yang cukup efektif dan efisien dalam membekali kemampuan diri dengan sebaik-baiknya pada anak sebagai generasi penerus, sehingga mampu menjadi generasi yang handal, terampil, tangguh serta berkarakter baik dan mulia.

Agar anak bisa berkarakter baik dan mulia maka ada beberapa pola asuh anak di era digital yang bisa dipraktikkan orangtua pada anak agar hubungan baik tetap terjaga.

Menurut Prof. Dr. H. Rusijono, M.Pd yang juga sebagai narasumber dalam acara tersebut menjelaskan bahwa didikan orang tua terhadap anak bisa berupa membiasakan berbicara yang positif dan baik, mengajarkan agama, mempersiapkan anak dimasa pubertas serta mempersiapkan mental anak di era digital. Dalam perspektif Islam, pendidikan anak adalah proses mendidik, mengasuh, dan melatih jasmani dan rohani mereka yang dilakukan orang tua terhadap anak dengan berlandaskan nilai baik dan terpuji bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist.

Anak merupakan amanah dari Allah Swt yang diberikan pada orangtua. Anak adalah generasi penerus yang merupakan tumpuan harapan serta kebanggaan keluarga dan diharapkan dapat membawa kemajuan dimasa mendatang, sehingga keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama pada anak, maka peran orang tua mempersiapkan diri dengan beragam pengetahuan untuk menemukan pola asuh yang tepat dalam mendidik anak di era digital.

“Berbicara pendidikan tidak hanya tentang pendidikan secara umum tetapi pendidikan batin memang sangat penting untuk mendidik anak agar anak tau bagaimana bersikap kepada orang tua yang sopan dan santun karena kecerdasan intelektual saja tidak cukup kalau tidak dilengkapi oleh moral yang baik”. Kata Mochammad Afifudin

Dengan adanya seminar tentang pendidikan keluarga diharapkan mampu memberikan satu langkah perubahan untuk setiap keluarga yang berdampak pada lahirnya generasi penerus yang cerdas dan berbudi luhur. (Sumber: kiprah.id)

Scroll to Top