Mahasiswa KKN-T Umaha Berikan Mirror Convex untuk Keselamatan Pengendara di Desa Panglungan Wonosalam

Convex Mirror atau cermin cembung merupakan kelengkapan tambahan pada jalan yang berfungsi sebagai alat untuk menambah jarak pandang pengemudi kendaraan bermotor, kaca cembung umumnya dipasang pada tepi jalan pada lokasi dimana pandangan pengemudi kendaraan bermotor sangat terbatas atau terhalang khususnya pada tikungan tajam. Pemasangan cermin cembung ini diperlukan guna menekan angka kecelakaan akibat terbatasnya pandangan pengendara bermotor.

Desa Panglungan memiliki beberapa titik rawan kecelakaan akibat tikungan tajam. Pemasangan cermin cembung di Desa Panglungan ini dilatar belakangi oleh terjadinya beberapa kecelakaan di titik-titik rawan tersebut. Atas dasar tersebut Mahasiswa KKN-Tematik Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo Tahun 2022 melakukan pemasangan cermin cembung.

\"\"

Pemasangan cermin cembung ini dilaksanakan pada tanggal 4 September 2022 dengan dibantu oleh beberapa warga dan pemuda setempat. Pemasangan cermin cembung tersebut berdasarkan survey yang dilakukan sebelumnya dan atas rekomendasi dari pihak Pemerintah Desa Panglungan. Dengan pemasangan cermin cembung ini diharapkan angka kecelakaan akibat terhalangnya pandangan pengendara di tikungan tajam jalan Desa Panglungan mampu ditekan sehingga menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk berkendara.

\"\"
\"\"

(Sumber: http://panglungan.id/)

Scroll to Top