Perah Susu Kambing Etawa, Mahasiswa KKN Siap Unggulkan Susu Murni Kambing Etawa

\"\"

Dusun Arjosari merupakan salah satu dusun yang berada di Desa Panglungan, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang. Wonosalam adalah salah satu penghasil durian terbesar di Jawa Timur. Selain durian, Wonoslaam juga merupakan penghasil cengkih, kopi, salak dan pisang. Mayoritas warga Wonosalam bermata pencaharian sebagai petani dan peternak, jadi selain hasil pertanian dan perkebunan terdapat juga banyak hasil peternakan seperti susu sapi dan susu kambing. Walaupun sudah menjadi unggulan,ini baru mencakup wilayah kabupaten saja. Padahal potensi pemasarannya sangat besar dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Dusun Arjosari.

Mencari bekal pengalaman, Kelompok KKN-T (Kuliah Kerja Nyata – Tematik) Kelompok Panglungan 1 yang diketuai oleh Ady Lesmana melakukan survey ke lokasi peternakan kambing etawa yang berada di Dusun Arjosari (17/8). Saat di lokasi, beberapa tim KKN-T Panglungan 1 diberikan edukasi singkat terkait kambing etawa serta proses memerah susu kambing etawa dan melakukannya secara langsung setelah mendapat dari arahan pemilik.

Pak Gufron selaku pemilik peternakan mengatakan “Pada saat pandemi Covid-19 terjadi permintaan susu kambing etawa, meningkat. Hal tersebut dikarenakan susu kambing etawa bisa menyehatkan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Tetapi untuk saat ini jumlah permintaan susu kambig etawa tidak terlalu banyak”. Atas dasar permasalahan tersebut, kelompok KKN-T Panglungan 1 ingin mengembangkan pemasaran susu kambing etawa tersebut. Pemilik juga mengatakan bahwa saat ini belum bisa mengoptimalkan penggunaan media sosial. Untuk itu tim KKN UMAHA mengupayakan pemasaran melalui digital marketing.

\"\"

Beberapa hari berikutya, Minggu (28/8) Tim KKN-T Panglungan 1 membagikan beberapa botol susu kambing etawa ke beberapa penjual di daerah Wonosalam, sebagai sampel untuk mengenalkan susu kambing etawa kelompok ternak kambing etawa Dusun Arjosari. Bersamaan dengan hal tersebut, seluruh anggota tim KKN-T Panglungan 1 melakukan penguploadan story melalui sosial media masing-masing.

“Terima kasih kepada tim KKN-T UMAHA Panglungan 1 yang telah memasarkan susu kambing etawa. Ahamdulillah susu kambing etawa kelompok ternak kambing etawa lebih dikenal dan jumlah permintaan meningkat” tutur Gufron selaku ketua kelompok ternak kambing etawa.

Scroll to Top