UMAHA UNTUK PENDIDIKAN INDONESIA BERKUALITAS LIVE AT TV9

Umaha atau Universitas Maarif Hasyim Latif  Sidoarjo  baru baru ini telah melakukan Talk show di TV9 tepatnya pada tanggal 15 Juni 2023 pada pukul 20:00 hingga 21:00 WIB. Sebagai nara sumber hadir Rektor Umaha dr. Hidayatullah Sp.N dan wakil rector IV DR. Asri Wijayanti SH,. MH. CPM. Sedangkan acara dipandu oleh penyiar TV9 Ely Prabowo yang disiarkan secara live.

Dalam acara Ruang edukasi dengan mengangkat Tema Umaha untuk pendidikan Indonesia berkualitas penyiar menyajikan acara dengan didahului pengenalan Umaha kepada pemirsa. Umaha adalah lembaga perguruan tinggi dibawah naungan LPTNU atau Lembaga Perguruan Tinggi Nahdotul Ulama. Dibangun diatas lahan seluas 2 hektar lebih dan terintegrasi oleh kota kota besar di Jawa Timur. Tepatnya berada di Jl. Raya ngelom megare no 30 Taman Sidoarjo.

Dalam wawancaranya, pertanyaan pertama ditujukan kepada Rektor Umaha dengan pertanyaan  “bagaimana anda melihat dunia pendidikan saat ini?” dengan lugasnya Rektor umaha menjawab bahwa “dunia pendidikan saat ini sudah mengalami perubahan yang cukup signifikan, artinya mengalami kemajuan yang cukup baik. Sedangkan pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu menciptakan lulusan yang memiliki kemampuan atau kompetensi, baik kompetensi akademik maupun kompetensi kejuruan, yang dilandasi oleh kompetensi personal dan sosial, serta nilai-nilai akhlak mulia, yang keseluruhannya merupakan kecakapan hidup atau life skill.”

Ditambahkan oleh Rektor Umaha dr Hidayatullah Sp.N apabila Umaha ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor : 607/O/2014 tanggal 17 Oktober 2014 maka 3 (tiga) Sekolah Tinggi dan 1 (satu) Akademi, resmi menjadi UMAHA Sidoarjo. Letak yang strategis Umaha juga sebagai bahan pertimbangan calon mahasiswa baru, Umaha berbatasan dg Surabaya, Gresik dan Mojokerto.

Talk show dibagi dalam 4 sesi selama satu jam, di tiap sesi pertanyaan diberikan kesempatan kepada Rektor dan warek untuk menjawab secara bergantian. Setelah jedah iklan kurang lebih 4 menit, dilanjutkan sesi kedua dengan pertanyaan pertanyaan yang mengalir. Di sesi kedua gilran wakil Rektor menjawab pertanyaan dari penyiar tentang akademik, ada berapa fakultas dan berapa prodi? Dengan tegasnya Warek IV DR. Asri Wijayanti SH,. MH,.CPM. menyampaikan “ada empat fakultas dan 15 prodi di Umaha, dan semuanya terakreditadi B. fakultas Ekonomi dan bisnis, fakultas Hukum, Fakultas Teknik, fakultas Ilmu Kesehatan . Ada juga pasca sarjana magister Hukum dan magister manejemen.”

Beliau juga menyinggung tentang implementasi MBKM  atau kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Seluruh program studi S1 di Umaha telah melaksanakan kurikulum MBKM, dalam implementasi kurikulum MBKM tersebut, mahasiswa diberikan kesempatan untuk berkuliah di luar program studinya, dan aktivitasnya. Perkuliahan di luar program studi memiliki bobot sekitar 20 SKS bobot tersebut tergantung dari kurikulum masing-masing program studi.

\"\"
Discuss session

Dalam sesi berikutnya Rektor Umaha memberikan informasi kepada pemirsa bahwa ada beberapa beasiwa yang bisa didapatkan di Umaha, diantaranya adalah beasiswa tahfid Alquran minimal 3 juz free DPP, 10 juz free DPP dan SPP 2 semester, diatas 10 Juz free DPP dan SPP sampai lulus. dan tersedia juga beasiswa KIP. Rektor Umaha juga mengingatkan kepada pemirsa jangan sampai ketinggalan promo promo menarik yang diberikan oleh Umaha pada event event tertentu. Misalnya free DPP pada event Ulang tahun Persebaya baru baru ini, hal ini berlaku dari tanggal 13 sampai dengan tanggal 19 Juni 2023.

Sebagai closing statement dari talk show yang berdurasi selama 60 menit tersebut Host TV9 Ely Prabowo memberikan kesempatan kepada warek IV terlebih dahulu untuk memberikan jawaban mengapa harus di Umaha?. Bu asri (sapaan akrab beliau) menjawab mengapa harus di Umaha, karena selain sarana dan prasarana lengkap, biaya kuliah di umaha juga ringan, didukung tenaga dosen mulai dari profesor,  doktor, hingga akademisi yang berkompeten, yang melahirkan banyak lulusan berkualitas.

Sebelum acara berakhir, Rektor Umaha juga memberikan closing statement bahwa Umaha dibawah  Yayasan Pendidikan dan Sosial Maarif (YPM) Sidoarjo, memiliki komitmen untuk mengembangkan komunitas belajar yang menyenangkan, selalu berkembang, dan selalu membuka tangan merangkul semua pemuda-pemudi untuk terus maju dan berprestasi pungkasnya. (Humas Umaha)

Scroll to Top