WUJUD KEPEDULIAN DAN PENGABDIAN, MAHASISWA KKN UMAHA MENGGELAR BAKTI SOSIAL KESEHATAN

\"\"
Rektor Umaha beserta Camat Wonoayu dalam pembukaan baksos

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo atau Umaha mengadakan bakti sosial di desa Becirongengor kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan bakti sosial ini dilakukan pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023 pada pagi hari. Seluruh rangkaian kegiatan baksos hasil kerjasama antara Umaha dan Pemerintah desa Becirongengor juga didukung oleh puskesmas wonoayu.

Kegiatan bakti sosial pengobatan gratis yang meliputi tes kesehatan dari tensi darah, cek kolesterol, asam urat hingga cek gula darah telah disiapkan oleh team KKN Umaha. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Camat wonoayu Ir. Ribut Prapto Yuono, M.M. dan Rektor Umaha dr. Hidayatullah Sp.N.

Dalam sambutan pembukaan, camat wonoayu menyampaikan rasa terimakasih atas partisipasi dari seluruh mahasiswa KKN Umaha yang telah memberikan sumbangsih dan kontribusi kepada masyarakat khususnya warga desa becirongengor, dengan adanya bakti sosila kesehatan ini banyak membantu warga desa terutama para lansia untuk tetap peduli terhadap kesehatan masing masing.

Selepas sambutan dari camat Wonoayu, acarapun disusul dengan sambutan dari Rektor Umaha dr. Hidayatullah, Sp.N. Dalam sambutannya, Rektor Umaha  menegaskan “ Tujuan kegiatan baksos ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran dan rasa peduli dari seluruh lapisan masyarakat tentang pentingnya pola hidup sehat dan pentingnya untuk memeriksakan diri dan keluarga ke fasilitas kesehatan yang ada di wilayahnya baik itu puskesmas maupun Rumah Sakit “.  Tidak heran jika Rektor Umaha sangat konsen dan perhatian terhadap dunia kesehatan mengingat beliau adalah seorang dokter.

Bakti sosial yang yang diikuti oleh kurang lebih 150 peserta dari warga masyarakat desa becirongengor inipun mendapatkan apresiasi yang positif dari warga sekitar. Meskipun diawal sasaran peserta adalah para lansia, namun di lapangan yang datang  mengikuti baksos dari berbagai kalangan usia. Team yang bertugas saat itu adalah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan Umaha dan dibantu oleh tenaga medis puskesmas wonoayu.

Menurut pengakuan dari salah satu peserta baksos Pak Saleh yang berusia 65 tahun, warga becirongengor mengatakan,  “ acara baksos seperti ini jarang sekali didesa kami, saya senang sekali dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini apalagi gratis, saya bisa tahu tensi darah saya berapa, kolesterol dan asam urat saya berapa. Dengan tahu hasilnya saya akan berhati hati terhadap makanan yang saya makan “. Ucap pak Saleh.

\"\"
Proses pengecekan kesehatan oleh mahasiswa Umaha

Sementara itu ketua panitia KKN Khairil Anam, S.Kom., M.Kom.  Menjelaskan bahwa ” kegiatan bakti sosial ini merupakan salah satu program kerja pendukung kelompok mahasiswa KKN Umaha dan kegiatan bakti sosial ini diselenggarakan dalam bentuk kepedulian mahasiswa KKN Umaha terhadap kesehatan warga sekitar “. Lebih lanjut dikatakan, “ penyelenggaraan baksos ini diharapkan akan meningkatkan hubungan silaturrahmi antara civitas akademika Umaha dengan masyarakat dilingkungan desa becirongengor “. Pungkasnya.

Kegiatan baksos ini dilakukan tepatnya di balai desa becirongengor mulai pukul 08:00 WIB hingga selesai. Karena animo masyarakat terhadap kegiatan ini sangat baik, maka kegiatan baksos kesehatan inipun menuai sukses. (Humas-Umaha)

\"\"
\"\"
Antusiasme warga
Scroll to Top