WORKSHOP PENGUATAN STRATEGI PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL BAGI PERGURUAN TINGGI DI LINGKUNGAN LLDIKTI WILAYAH VII

\"\"

Sebanyak kurang lebih 50 Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah VII , khususnya pejabat yang menangani bidang kehumasan atau media sosial secara antusias mengikuti Workshop Penguatan Strategi Pengelolaan Media Sosial Bagi Perguruan Tinggi . Termasuk Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo atau Umaha yang diwakili oleh Nur Qoilun atau bu iir sapaan akrabnya sebagai peserta dalam workshop tersebut. Workshop yang diselenggerakan oleh LLDikti VII ini, dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2023 di Fave Hotel Sidoarjo.  Hadir sebagai narasumber kegiatan Workshop ini, yakni  Direktur TV9 Nusantara Ahmad Hakim Jayli M.Si., dan Psikolog dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Dr. Andik Matulessy, M.Si.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Lembaga LLDikti wilayah VII, Prof. Dr. Dyah Sawitri S.E., M.M. Beliau menjelaskan bahwa pengelolaan media sosial sangat penting terutama di perguruan tinggi sebagai sarana branding dan informasi institusi yang disebar luaskan menjadi sumber informasi yang menarik. Sehingga diperlukan update informasi pada  media sosial yang digunakan. Sehingga dengan adanya media sosila dapat mempermudah masyarakat dalam mencari informasi terkait perguruan tinggi yang diinginkan, Beliau juga berharap agar dalam kegaitan ini memberikan manfaat oleh peserta dan mendapatkan ridlo dari Alaah SWT.

\"\"

Acara Workshop tersebut dibagi menjadi 2 sesi, sesi pertama diisi oleh pemateri pertama Direktur TV9 Nusantara Ahmad Hakim Jayli M.Si., dan sesi kedua diisi oleh pemateri kedua oleh Psikolog dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Dr. Andik Matulessy, M.Si. materi pertama mengangkat tema Kolaborasi Sisial Media, dalam penjelasannya, Hakim Jayli M.Si., mengatakan bahwa “ saat ini segala sesuatu tergantung pada Internet. Apapun yang kita cari semua ada pada Internet, untuk itu, Humas sebuah Perguruan Tinggi tidak bisa bekerja sendiri, humas harus mempunyai team creative untuk mengenalkan lembaganya melalui media yang paling disuka saat ini oleh masyarakat melalui internet.”  Beliaupun tidak segan segan memberikan tips Apabila suatu Perguruan Tinggi ingin dikenal oleh masysrakat luas, maka lembaga tersebut harus membunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan lembaga yang lainnya. Berbagai jurus dan ilmu yang luar biasa telah diberikan oleh CEO TV9 ini kepada para peserta workshop, sehingga banyak sekali pertanyaan sekaligus curhatan dari peserta yang kebanyakan adalah Direktur Humas dari PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah VII.

Memasuki sesi kedua mengangkat tema Media Sosial dan Kesehatan Mental yang disampaikan oleh Psikolog dari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Dr. Andik Matulessy, M.Si. Dalam penyampaian materi, Dr. Andik terlihat lebih santai dalam menyampaikan materinya. Beliau menyampaikan bahwa Humas mempunyai peranan nomor satu dalam sebuah lembaga lembaga di Indonesia, Humas tidak hanya tentang platform Universitas, namun Humas harus mampu menjawab dan membuat strategi baru untuk Universitasnya. Selain dituntut untuk rebranding sebuah kampus, Humas juga berperan terhadap kesehatan mental para civitas akademika, pungkasnya.

\"\"

Setelah penyajian materi kedua, acarapun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta workshop. Acara yang dimulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 16:00 WIB inipun terbilang cukup sukses. Acara ditutup oleh Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur dr. Ivan Rovian M.Kp. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih kepada Narasumber dan peserta. Pengelolaan media sosial sebagai bentuk layanan dalam rangka meningkatkan mutu Perguruan Tinggi, Pengelolaan informasi yang baik akan mendukung Tri Dharma sebuah Perguruan Tinggi tersebut. (Humas-Umaha)

Scroll to Top