Kegiatan PPKMB UMAHA Tahun 2023 Hari Kedua

Author

Khoirul Ngibad, S.Si., M.Si.

Dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Maarif Hasyim Latif dan

Warek Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Kreativitas, PMB dan Alumni

Kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa) UMAHA pada hari kedua diawali dengan pengukuhan/peresmian mahasiswa baru (maba) UMAHA Tahun Akademik 2023-2024. Senat UMAHA yang terdiri dari rektor, wakil rektor, para dekan, dan para kaprodi memasuki gedung Graha Gusti II. Kegiatan tersebut dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars UMAHA dan Ya Lal Wathon.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan ketua panitia PKKMB tahun 2023 dilanjutkan dengan sambutan Presiden mahasiswa UMAHA dan yang terakhir adalah sambutan dari Rektor UMAHA. Dalam sambutan tersebut, Bapak Rektor memperkenalkan masing-masing anggota Senat, mulai dari para Wakil Rektor, para Dekan, dan para Kaprodi.  Perkenalan masing-masing anggota Senat tersebut membuat suasana acara menjadi lebih hidup dan ramai dan hal itu penting agar para maba UMAHA mulai mengetahui siapa saja para Wakil Rektor UMAHA, siapa saja para Dekan UMAHA dan juga siapa saja para Kaprodi di lingkungan UMAHA.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor juga mengingatkan bahwa generasi muda merupakan agen perubahan. Generasi muda mempunyai energi yang luar biasa untuk melakukan perubahan, tentunya perubahan yang lebih baik. Rektor juga berharap bahwa para maba dapat menyelesaikan perkuliahan dengan baik, mempunyai pengalaman akademis dan non akademis yang baik di UMAHA sehingga dapat lulus dan menjadi SDM atau alumni yang unggul yang dapat bersaing di level lokal sampai nasional. Bapak Rektor juga mulai mengenalkan sebutan JAWARA UMAHA. Jadi, maba UMAHA harus menjadi calon – calon juara. Ke depannya dari tahun pertama sampai tahun ketiga atau keempat agar semakin banyak prestasi akademik dan prestasi akademik yang bisa diraih oleh para maba. Bapak Rektor juga mengingatkan adanya tradisi baik di lingkungan UMAHA yang harus dijaga agar kampus UMAHA mempunyai keunikan dan juga mempunyai pembeda dengan kampus lain di Indonesia. Kemudian, peresmian maba tersebut dilanjutkan dengan pemutaran pidato Menteri Kemdikbud-Ristek, Nadiem Makarim. Kemdikbud-Ristek telah memberikan himbauan kepada seluruh perguruan tinggi agar menayangkan video pidato Kemdikbud-Ristek dalam kegiatan PKKMB dan UMAHA sudah melakukannya pada kegiatan PKKMB tersebut. Kegiatan peresmian maba ditutup dengan penyematan Jas Almamater UMAHA. Rektor didampingi oleh wakil rektor 1, 2, 3, dan 4 melakukan penyematan Jas Almamater UMAHA yang diwakili oleh dua mahasiswa baru UMAHA, satu putra dan satu putri, dan dilanjutkan juga dengan pemakaian almamater dari seluruh maba dalam kegiatan tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi ke-UMAHA-an oleh Dr. M. Zamroni, M.H. Para maba UMAHA diberikan materi tentang struktur kepemimpinan yang ada di UMAHA, bagaimana visi dan misi UMAHA, dan apa target UMAHA ke depan. Dengan demikian, para maba akan semakin mengenal UMAHA lebih dekat. Ke depan, para mahasiswa bisa dapat bersinergi, berkolaborasi, dan menciptakan prestasi di bidang akademik dan non akademik sehingga akan tercipta SDM yang unggul demi kemajuan bangsa tercinta.

Materi selanjutnya adalah tengan ke-YPM-an yang disampaikan oleh pengawas YPM (Yayasan Pendidikan Sosial Ma’arif), H. Aslam Khitami, S.Pd. Materi tersebut juga sangat penting agar maba bisa lebih familiar dengan YPM yang merupakan badan pelaksana dari UMAHA itu sendiri. YPM menaungi banyak lembaga pendidikan, mulai SD, SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi. Maba sudah menjadi warga UMAHA dan otomatis menjadi warga YPM. UMAHA adalah YPM dan YPM adalah UMAHA. Jadi, ketika nanti ada kegiatan – kegiatan antara UMAHA dan YPM maka dapat kerjasama yang baik tidak hanya di tingkat pimpinan saja, namun juga di tingkat mahasiswa.

Scroll to Top