HABIB MUCHSIN AL HAMID GEMAKAN YPM BERSHOLAWAT

\"\"

Dalam rangka memperingati Haul ke 19 pendiri Yayasan dan Pendidikan Sosial Maarif sepanjang KH. Munir Hasyim Latif, sekaligus memperingati Maulid Nabi besar Muhammad SAW, juga bagian dari rangkaian satu dekade Umaha, hadir Habib Muchsin Al Hamid dan KH Husain Umar Abdul Latief dalam gelaran YPM Bersholawat.
Acara YPM bersholawat bersama Habib Muchsin Al Hamid sendiri digelar pada Kamis, 21 September 2023 pukul 19.00 WIB hingga selesai di halaman komplek Umaha Jl. Raya ngelom megare no 30 Taman Sidoarjo.

YPM Bersholawat sendiri merupakan salah satu rangkaian dari satu Dekade Umaha.
Jadi sebelum digelarnya YPM Bersholawat, Umaha telah menggelar acara Kick Off bersama Denny Caknan yang digelar pada hari Sabtu malam minggu sebelumnya.
Setiap perhelatan majelis Sholawat Nabi yang dipimpin oleh Habib Muchsin Al Hamid tidak lepas dari Syekher Mania (sebutan pecinta solawat).

Mirip dengan konser musik pada  umumnya ,  komunitas  Sekher Mania dalam setiap majelis Sholawat Nabi  dimeriahkan  dengan membawa bendera kebanggaan NU  yaitu bendera hijau bergambar bintang sembilan dan bendera Merah Putih, dari yang kecil- kecil sampai yang besar ukurannya tidak pernah luput dari  genggaman para Syekher Mania yang hadir memadati halaman Umaha.
Dengan kapasitas halaman komplek YPM ngelom megare yang bisa menampung ribuan Sekher Mania telah disediakan oleh panitia penyelenggara untuk menampung mereka dan jamaah yang hadir di event tersebut.

\"\"
Rektor Umaha beserta Ketua Yayasan


Menurut Ketua Yayasan dan Pendidikan Soial Maarif Sepanjang. Ir. H. Ahmad Makki MT, bahwa event ini diselenggarakan dalam rangka Haul ke 19 pendiri Yayasan dan Pendidikan Sosial Maarif sepanjang KH. Munir Hasyim Latif, sekaligus memperingati Maulid Nabi besar Muhammad SAW, juga bagian dari rangkaian satu dekade Umaha
beliau juga menambahkan YPM telah beroperasi 25 tahun lalu dan baru menjadi universitas sejak 10 tahun terakhir ini(satu dekade). Untuk itu, pihak yayasan ingin memperingatinya dengan kegiatan yang fenomenal.

“Menjadi universitas itu mempunyai gengsi yang beda. Kami ingin memberikan persembahan yang baik dan fenomenal bagi internal kita(YPM) maupun Masyarakat,” kata H. Ahmad Makki MT, YPM. Beliau menjelaskan, sholawatan ini akan berlangsung sejak kick off satu dekade UMAHA, Sabtu(17/9/2023) lalu hingga April 2024 mendatang. Setelah melewati massa itu, nantinya akan ada program berkelanjutan. “Rata-rata semua acara memiliki nilai sepuluh. Sepuluh juta sholawat, sepuluh kali khataman(Al-quran), sepuluh kali buku yang diterbitkan bersama dan lainya,” jelasnya.

Sedangkan menurut Rektor UMAHA, dr. H. Hidayatullah Sp.N, mengatakan, “YPM Bersholawat ini merupakan rangkaian acara panjang kami menuju satu dekade yang penuh energi dan akselerasi. Kami berharap dapat memberikan kontribusi besar bagi dunia pendidikan, penelitian, dan Pengapdian pengembangan masyarakat.” Menurut beliau, acara YPM Bersholawat menjadi pilihan salah satu agenda rangkaian satu dekade UMAHA, lantaran sholawat telah menjadi agenda rutin internal. Sekaligus untuk memperingati Haul ke-19 KH. Munir Hasyim Latief selaku pendiri YPM.

“Pas acara kick off (satu dekade) itu kan, tepat tanggal 1 Robiul Awal. Kedua, sholawat Jibril sudah menjadi budaya sehari-hari, baik siswa, mahasiswa, guru, dosen dan staff. Ketiga bertepatan dengan Haul pendiri YPM yang selalu rutin sholawatan, selain yasin dan tahlil,” ungkap Rektor Umaha dr. H. Hidayatullah, Sp.N kepada awak media di sesi Presscon.

Hadir dalam acara tersebut seluruh pimpinan dan pejabat struktural dari keluarga besar YPM dan Umaha Sidoarjo. Tidak lupa hadir pula seluruh dzuriyah dari KH Munir Hasyim Latif di acara tersebut.
Gema Sholawat berkumandang dengan iringan rancak rebana yang menjadi ciri khasnya menghipnotis para pengunjung, semua syairnya mudah merasuk di hati setiap muslim. Para Syekher mania tampak larut ikut mengumandangkan syair-syair sholawat. YPM Bersholawat ini disiarkan secara langsung di televisi nasional Madu TV. Acara ini diharapkan akan memberikan pesan damai dan harmoni kepada penontonnya. (Humas-Umaha)

Scroll to Top